Gedung Pusdiklat Bojonegoro Peninggalan Mantan Bupati Suyoto 2 Tahun Dibiarkan Rusak

Senin, 11 Oktober 2021, Dibaca : 545 x Editor : nugroho


SuaraBanyuurip.com - d suko nugrohi

Bojonegoro - Gedung B Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, di Dusun Kedungrejo, Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, hampir dua tahun dibiarkan rusak. Gedung yang dibangun dengan biaya APBD sebesar Rp 29 miliar di era pemerintahan Bupati Suyoto itu mulai mengalami kerusakan sejak Desember 2019.

Kerusakan terjadi akibat disapu angin puting. Meliputi pelapis dinding bagian atas rusak parah, plafon jebol, dan kaca depan pecah. Rangka penyangga plafon terlihat bergelantungan.

Baca Lainnya :

    Gedung yang menelan anggaran Rp 29 miliar dari APBD 2017 dan 2018 betuliskan "Tirto Adhi Soerjo" itu terkesan dibiarkan mangkrak. Di sekitar gedung tumbuh rumput liar menjalar. Gedung Pusdiklat ini dikelola oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro.

    "Belum ada perbaikan. Sekarang rusaknya tambah parah. Semakin banyak atapnya yang ambrol," ujar penjaga Gedung Diklat Bojonegoro, Wijianto kepada suarabanyuurip.com, Senin (11/10/2021).

    Baca Lainnya :

      Akibat kerusakan tersebut, lanjut dia, Gedung B sudah tidak lagi dimanfaatkan untuk kegiatan. Setiap kegiatan dilaksanakan di Gedung Smart Technology Building yang berada di sebelah utaranya.

      "Sejak rusak tahun lalu, kegiatan dilaksanakan di gedung A. Tapi sejak pandemi tidak pernah ada kegiatan di sini," ungkapnya.

      Selain kerusakan Gedung B yang belum ada perbaikan, kata Wijianto, saluran air PDAM di tempat tersebut juga mampet.

      "Air PADM yang dari Grogolan sudah tidak mengalir semingguan ini," ucapnya.

      Menurut dia, yang diprioritaskan sekarang ini adalah pembangunan pagar keliling area Pusdiklat.

      "Pembangunan pagarnya sudah dimulai," pungkasnya.

      Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Bojonegoro, Adie Witjaksono, menyampaikan tidak ada perbaikan Gedung B Pusdiklat tahun 2021 ini.

      "Hanya penganggaran pagar," kata Adi dikonfirmasi terpisah.

      Berdasarkan data di LPSE Bojonegoro, proyek pembangunan pagar Gedung Pusdiklat Bojonegoro menelan anggaran Rp 3.044.682.978,06 yang bersumber dari APBD 2021. Proyek ini dikerjakan oleh PT Ergates Citra Mandiri dari Sidokare Asri AH/4 RT.026, RW.007, Sepande - Candi, Sidoarjo, Jatim. Dengan nilai pagu Rp 3.587.250.000,00, harga penawaran Rp 3.064.682.984,89, harga terkoreksi, Rp 3.064.682.984,89, dan hasil negoisasi Rp 3.044.682.978,06.

      Untuk diketahui, Gedung Diklat ini menempati lahan yang sebelumnya menjadi lokasi program gerakan kembali ke desa (GKD). Lokasi ini awalnya akan digunakan untuk Akademi Komunitas Negeri (AKN).(suko)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more