Gua Gondel di Temayang Cocok Dikembangkan Jadi Objek Wisata

Senin, 12 Oktober 2020, Dibaca : 447 x Editor : nugroho


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Potensi alam di Desa Soko, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur perlu terus dikembangkan menjadi objek wisata. Desa di tengah hutan KPH Gondang itu memiliki enam gua hunian yang masih alami. Salah satunya Gua Gondel, namun hingga kini belum mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

Menurut Kasi Pelayanan Pemerintah Desa Soko Rusmiadi, semenjak diketahui pada 2010 lalu, gua-gua itu belum mendapat perhatian secara serius dari pemerintah untuk dikembangkan potensinya. Sehingga, kini kondisinya kurang terawat. Bahkan, akses menuju gua sangat sulit untuk dilalui.

Baca Lainnya :

    “Jalan menuju gua belum bagus. Masih berupa tanah dan batu," katanya, Senin (12/10/2020).

    Rusmiadi menjelaskan, menuju Gua Gondel membutuhkan waktu 30 menit dengan berjalan kaki. Selain jalannya menanjak juga sulit untuk dilalui. Selain itu, karena kurang terawat banyak tanaman yang menutupi jalan.

    Baca Lainnya :

      Menuju Gua Gondel, lanjut dia, harus membawa persediaan air yang cukup agar tidak kehausan di tengah perjalanan. Jalannya menanjak sehingga menghabiskan banyak tenaga.

      "Biasanya, ada pohon tumbang yang menutupi jalan," katanya ditemui di area Gua Gondel.

      Dia mengatakan, sebenarnya ada enam gua di Desa Soko. Di antaranya Gua Susu, Gua Pertapan, Gua Bales, Gua Lowo, Gua Gogor, dan Gua Gondel namun masyarakat lebih mengenal dengan sebutan Gua Gondel.

      "Kalau pengunjung ada tapi tidak banyak," katanya kepada SuaraBanyuurip.com.

      Kepala Desa Soko Juan mengatakan sebenarnya gua-gua tersebut bagus jika digunakan objek wisata. Karena, selain memiliki nilai sejarah, juga menarik jika dikunjungi.

      "Rencananya akan tetap dikembangkan untuk menarik para pengunjung. Nantinya, akan diperbaiki akses jalan dan diberi spot foto," katanya. (jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more