Gubernur Khofifah Lantik Bupati dan Wabup Tuban

Minggu, 20 Juni 2021, Dibaca : 472 x Editor : teguh

Suarabanyuurip.com/ist
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melantik Bupati dan Wabup Tuban di gedung negara Grahadi.


SuaraBanyuurip.com - Teguh Budi Utomo

Surabaya - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melantik, Aditya Halindra Faridzky  dan H Riyadi, sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Tuban  periode 2021-2024, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (20/06/2021).

Prosesi sekaligus pengambilan sumpah jabatan tersebut, hanya Aditya Halindra Faridzky yang datang di Grahadi. Sedangkan Riyadi mengikuti prosesi secara virtual di Rumah Dinas Wabup Tuban.

Baca Lainnya :

    Tak seperti sejumlah pelantikan kepala daerah dan wakilnya yang lain, perhelatan tersebut tak dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP PKK  Kabupaten Tuban. Termasuk pula tak dilantik Ketua Dekranasda daerah setempat. 


    Tampak hadir di Grahadi, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali, Anggota DPR RI Komisi VIII Hj Haeny Relawati RW yang juga ibu dari Aditya Halindra Faridzky, Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak, tokoh Partai Golkar Akbar Tanjung, Forkopimda Tuban, Komisioner KPU dan Bawaslu Tuban, serta sejumlah petinggi partai politik di Jatim.

    Baca Lainnya :

      Gubernur Khofifah mengatakan, pembangunan di Tuban dapatnya meneladani ajaran Sunan Bonang yaitu pembangunan yang mengedepankan harmoni partnership. Konsep ini mengisyaratkan pembangunan dengan menjaga hubungan masyarakat yang saling menghormati dan toleransi. Hal tersebut selaras dengan nilai luhur bangsa Indonesia.

      "Pembangunan daerah yang harmonis dan modern sejalan dengan pembangunan Jawa Timur," ungkap perempuan Gubernur Jatim pertama itu dalam pers rilis dari Media Centre Pemkab Tuban yang diterima Suarabanyuurip.com, Minggu (29/06/2021) sore. 

      Kabupaten Tuban kini tengah berkembang menjadi kota industri yang banyak mendatangkan investor. Kondisi tersebut harus disikapi dengan tersedianya infrastruktur pendukung untuk menghubungkan titik-titik strategis.

      Pemprov Jatim bersama Pemkab Tuban akan berkoordinasi PT. KAI terkait refungsionalisasi rel kereta api di Kabupaten Tuban yang tidak aktif. Tujuannya, mempermudah dan mempercepat akses ke Tuban.

      Jika hal tersebut berjalan, tambah Khofifah, pekerja dari luar daerah tetap dapat bekerja di Tuban tanpa harus menetap di Bumi Ronggolawe. Sekaligus bisa meminimalkan dampak sosial.

      Gubernur Khofifah menyampaikan pesan dari Presiden RI Joko Widodo untuk ikut mendukung upaya percepatan vaksinasi dan memperketat PPKM. Di samping itu, perlu peningkatan disiplin protokol kesehatan. Meski demikian, penerapan kebijakan tersebut disesuaikan dengan kearifan lokal di tiap daerah.

      "Penanganan Covid-19 tetap dijalankan bersamaan dengan upaya pemulihan ekonomi masyarakat," paparnya.

      Gubernur Jatim berpesan Bupati dan Wabup Tuban senantiasa bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk penguatan dan Pembangunan di kabupaten Tuban. Tujuan akhirnya untuk  kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.

      Sementara itu, Bupati Aditya Halindra Faridzky menyatakan, akan segera berkoordinasi dengan OPD sejak hari pertama menjabat. Berbagai program kerja yang telah disusun sebelumnya akan segera diimplementasikan.

      "Kami akan segera turun ke masyarakat," tutur alumni FEB Unair Surabaya itu.

      Ia menjelaskan, Pemkab akan memprioritaskan penguatan infrastruktur jalan, peningkatan mutu kesehatan, dan pendidikan. Karenanya, sejumlah program disiapkan yang ditunjang sarana dan prasarana yang memadai.

      Menindaklanjuti amanah Presiden RI dan Gubernur Jatim, Pemkab  akan memaksimalkan upaya tracking, tracing, dan treatment. Selain itu, pada tahun 2022 Pemkab Tuban akan mengalokasikan anggaran untuk penanganan dan pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

      Mas Lindra, begitu bupati berusia 28 tahun itu akrab disapa, berpesan kepada masyarakat Tuban agar tetap waspada, dan saling mengingatkan untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

      "Mari bersama-sama membuat karya terbaik untuk kabupaten Tuban sehingga lebih sejahtera, berdaya, dan diberdayakan," pungkasnya. (tbu)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more