Hari Santri, Unugiri Bojonegoro Gelar Bedah Buku Lahirnya NU di Bojonegoro

Minggu, 10 Oktober 2021, Dibaca : 371 x Editor : nugroho

joko kuncoro
BEDAH BUKU : Ahmad Wahyu Rizkiawan penulis buku Lahirnya NU di Bojonegoro saat jadi narasumber bedah buku yang digelar Unigiri.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unugiri Bojonegoro, Jawa Timur menggelar webinar bedah buku Lahirnya NU Bojonegoro karya Ahmad Wahyu Rizkiawan. Bedah buku  bertajuk "menyelami makna santri sebagai wujud membangun karakter Islami" itu dalam rangka memperingati hari santri nasional (HSN).

Rektor UNU Sunan Giri Bojonegoro KH Jauharul Ma'arif mengatakan, dengan adanya bedah buku berjudul Lahirnya NU Bojonegoro dan Hikayat Padangan Kota Cahaya ini semoga bisa menjadi teladan yang baik terutama bagi mahasiswa. Apalagi ini untuk memperingati HSN, tentu sangat bagus untuk mengetahui perjuangan santri dan kyai melalui buku ini.

Baca Lainnya :

    "Ya, semoga bisa menjadi teladan bagi mahasiswa mengenai perjuangan santri dan kyai terdahulu," jelasnya, Minggu (10/10/2021).

    Sementara itu, penulis buku Lahirnya NU Bojonegoro dan Hikayat Padangan Kota Cahaya Ahmad Wahyu Rizkyawan menjelaskan, buku ini merupakan mukadimah awal dari buku selanjutnya yang akan terbit. Yakni buku itu berjudul 20 tokoh kyai kharismatik di Bojonegoro.

    Baca Lainnya :

      Tentu, ia melanjutkan, dengan hadirnya buku ini yang tak terlalu tebal memang bertujuan menarik generasi melineal untuk menulis. Sebab, sebuah karya itu akan berumur panjang meski hidup seseorang pendek dan ini salah satu untuk mempertahankan peradaban dengan menulis.

      "Misalnya dengan menulis kyai kampung karena beliau sosok pejuang agama di perkampungan. Dan layak dicontoh dari sisi manusiawinya," katanya.

      Dengan menulis, kata dia, setiap generasi akan tahu mengetahui kiprah para pendahulu termasuk kyai-kyai kampung. Karena itu, menulis sangat penting untuk merawat sejarah.

      "Misalnya saja buku ini, berisi tentang datangnya Islam dari arah barat dan menyebar ke timur. Dan di Padangan awal mula NU di Padangan berdiri," tambahnya.(jk)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more