Himbau Masyarakat Waspada Dampak El Nino

Senin, 12 Mei 2014, Dibaca : 1703 x Editor : nugroho

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Badan Metereolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Stasiun Meterorologi Klas I Juanda Surabaya telah memprediksi  terjadinya El Nino Lemah di wilayah Jawa Timur, tak terkecuali Kabupaten Bojonegoro, Senin (12/5/2014).

Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Hary Kristianto, mengungkapkan, melalui surat resmi yang dilayangkan BMKG menyebutkan, berdasarkan kondisi dinamika atmosfer prospek kondisi cuaca untuk tahun 2014 diperkirakan terjadi El Nino Lemah.

Baca Lainnya :

    "Elnino lemah diperkirakan terjadi pada Bulan Juni sampai dengan Desember 2014,” kata Hary  kepada suarabanyuurip.com.

    Dia menyampaikan, berdasarkan analisis pada saat terjadinya elnino lemah akan membawa beberapa dampak diantaranya adalah terjadinya kekeringan yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

    Baca Lainnya :

      "Dampak lain dari Elnino ini adalah krisis air bersih akibat musim kemarau," imbuhnya.

      Selain mewaspadai hal tersebut, masyarakat Bojonegoro harus mengantisipasi pada bidang pertanian yakni keterlambatan masa tanam padi dan dimungkinkan terjadinya gagal panen.

      Hary mengungkapkan, pada Mei 2014 untuk Kabupaten Bojonegoro diperkirakan masih terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, dan curah hujan mulai berkurang pada April 2014 hingga Mei diperkirakan antara 51 sampai dengan 150 milimeter.

      Sedangkan untuk bulan Juni berdasarkan perkiraan masih terjadi hujan di wilayah Bojonegoro dengan intensitas ringan, dengan hari hujan kurang dari 10 hari. Jumlah curah hujan bulan Juni diperkirakan 21 – 100 milimeter. "Petani bisa mengambil langkah yang tepat guna meminimalisir kerugian dan gagal panen," tandasnya.(rien)


Show more