Hujan Deras Sebabkan 10 Desa Terendam Banjir, 593 KK Terdampak

Sabtu, 09 Januari 2021, Dibaca : 243 x Editor : nugroho

joko kuncoro
TERGENANG : Salah satu rumah warga di Bojonegoro tergenang banjir akibat hujan deras.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Hujan deras yang terjadi sejak Jumat (8/1/2021) sore mengakibatkan 10 desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terendam banjir. Ketinggian air mencapai rata-rata 50 sentimeter (cm). Akibatnya sekitar 593 kepala keluarga (KK) terdampak banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Nadif Ulfia mengatakan, hujan deras terjadi sekitar pukul 17.00 sore. Akibatnya Sungai Curing di Kecamatan Kasiman dan Kecamatan Malo meluap sehingga menggenangi rumah warga pada pukul 19.00 malam.

Baca Lainnya :

    "Ada tiga warga terjebak dalam rumah tepatnya di Desa Besah, Kecamatan Kasiman, namun sudah berhasil dievakuasi," katanya.

    Dia mengatakan, ketinggian banjir akibat luapan sungai bervariasi yakni mulai 10 hingga 50 cm. Namun, yang paling parah ada di dua desa yakni Dusun Pundung, Desa Kacangan hingga jalan desa tergenang mencapai 40 cm. Selain itu  Desa Ngradin akibat banjir duua kandang sapi milik Ibu Siti terendam air hingga 50 cm.

    Baca Lainnya :

      Nadif menjelaskan, hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Padangan juga mengakibatkan rumah warga dan area persawahan tergenang. Hal itu, terjadi karena lubang saluran air menyempit sehingga tidak bisa menampung volume air.

      "Akibatnya, 593 KK terdampak banjir di 10 desa yang berada di empat kecamatan. Namun, kondisi banjir sudah surut," ungkapnya.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more