HUT Kampung Ilmu Adakan Lomba Hasta Karya, Seminar, hingga Launching Buku

Sabtu, 20 November 2021, Dibaca : 204 x Editor : nugroho


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro – Berbagai acara digelar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro (YKIB) ke-6 tahun yang bertepatan pada Sabtu, 20 November 2021. Di antaranya yakni lomba hasta karya, seminar pendidikan, dan launching buku berjudul “Jalan Hidup Kampung Ilmu” yang diselenggarakan di Rumah Belajar Kampung Ilmu Purwosari.

Lomba hasta karya diikuti oleh 44 peserta siswa siswi dan orang tua siswa dari Kampung Ilmu Purwosari dan Kalitidu. Mereka membuat produk kerajinan tangan mulai dari hiasan dinding, tempat tisu, bunga dan vas bunga, miniatur rumah, kotak pensil, miniatur tower, bunga sabun, pigura dan berbagai produk kerajinan tangan menarik lainnya. Berbagai produk kerajinan tangan itu dibuat sendiri oleh siswa dan orang tua siswa memakai bahan bekas dan juga ada yang bahan baru.

Baca Lainnya :

    Setelah dikumpulkan, produk kerajinan tangan itu lalu dipajang di Rumah Belajar Kampung Ilmu Purwosari dan dilakukan penjurian. Ada beberapa kriteria penilaian di antaranya kreativitas, manfaat, tingkat kesulitan, dan tampilan.

    Menurut Ketua Panitia HUT Kampung Ilmu ke-6 tahun, Iin Vina Noviana, lomba hasta karya ini untuk mengasah kreativitas siswa siswi yang belajar di Kampung Ilmu Purwosari dan Kalitidu. Selain itu, untuk memotivasi kekompakan antara siswa dan orangtua siswa di dalam membuat kerajinan tangan bersama.

    Baca Lainnya :

      "Hasil atau produk kerajinan tangan yang dibuat oleh siswa siswi bersama orangtuanya sangat bagus dan menarik,” ujarnya.

      Setelah dilakukan penjurian, dewan juri kemudian menentukan juara lomba hasta karya tersebut. Selain itu, juga ada kategori juara favorit dalam lomba hasta karya itu yakni berdasarkan jumlah like terbanyak di instagram Kampung Ilmu.

      Acara selanjutnya yakni seminar pendidikan dengan tema “Peran Orang Tua dan Guru Dalam Meningkatkan Mmotivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi”. Narasumber dalam seminar ini yakni Ainun Dyan Suttie Priyadharsini, yang menyampaikan materi tentang pembelajaran siswa jenjang TK/PAUD.

      Selain itu, narasumber kedua yakni Min Qurrin Amaliya Qoria, yang menyampaikan materi tentang pendidikan siswa jenjang SD/MI, dan narasumber ketiga yakni Tsamrotul Ulum, yang menyampaikan materi tentang memotivasi belajar siswa jenjang SMP/SMA. Seminar ini dipandu oleh Eti Nurjanah, yang juga guru penggerak Kampung Ilmu.

      Seminar berlangsung interaktif dan menarik. Banyak orangtua siswa yang menanyakan seputar bagaimana mendidik anak-anak di tengah situasi pandemi dan juga memotivasi siswa agar mau belajar di tengah godaan untuk menggunakan handphone yang berlebihan.

      Rusmiyatik, salah satu orangtua siswa, mengatakan, salah satu tantangan pendidikan di masa sekarang adalah bagaimana membentuk karakter siswa. Pembentukan karakter baik itu, kata dia, harus dilakukan bersama-sama oleh orangtua siswa di rumah dan juga guru pada saat di sekolah maupun di tempat belajar seperti di Kampung Ilmu.

      Kepala Desa  Purwosari, Umi Zumrotin, yang hadir dalam seminar itu juga berpesan agar pendidikan bukan hanya dilakukan oleh guru di sekolah maupun di tempat belajar seperti di Kampung Ilmu. Tetapi, pendidikan juga dilakukan oleh orangtua di rumah.

      “Buatlah anak-anak merasa nyaman dan mau terbuka berbicara apa pun dengan orang tua. Mereka akan meniru apa pun yang dilakukan oleh orang tua. Sehingga, karakter mereka sebenarnya terbentuk dari teladan yang diberikan oleh orangtua,” ujarnya.

      Setelah acara seminar, dilakukan launching buku berjudul “Jalan Hidup Kampung Ilmu”. Buku ini bercerita dan mengisahkan perjalanan dan perjuangan Kampung Ilmu sejak awal hingga saat ini.

      Menurut Ketua Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro, Muhammad Roqib, di usianya yang menginjak enam tahun ini Kampung Ilmu ingin terus belajar dan berkembang. Kampung Ilmu ingin terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dekat dengan masyarakat dan memajukan masyarakat melalui gerakan pendidikan. (jk)

      Berikut juara Lomba Hasta Karya HUT Kampung Ilmu ke-6 tahun

      1. Nur Sabila Lovelyta Khoirunnisa

      2. Maura Jihan Salsabela

      3. Abyan Hafiz Aldari

      4. Alfina Nur Ayla Putri 

      5. Oki Juang Miftahul Jannah

      6. Gisella Noey Ajalin 

      7. Angger Prabu Jagat Elang Satria

      8. Clarinta Azzahri Alesya

      Berikut juara favorit Lomba Hasta Karya

      1. Livia Auryn 

      2. Novita Romadhoni

      3. Najwa Zakiya Tajrifani



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more