Jaga Lingkungan Pantai, Pertamina GGR Tuban Tanam 20.000 Bibit Cemara Laut

Minggu, 21 Februari 2021, Dibaca : 221 x Editor : nugroho

Ist/pertamina
PEDULI LINGKUNGAN : Pertamina GGR Tuban melakukan penanaman 20.000 bibit cemara laut di Pantai Tuban sekitar area proyek kilang.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Tuban - Pertamina GRR Tuban berkomitmen dalam pengembangan lingkungan sekitar area operasi kilang baru atau News Grass Root Refinery (NGRR) Tuban, Jawa Timur. Perusahaan plat merah ini menyadari adanya potensi dampak operasi terhadap lingkungan sekitar terutama pada area pantai.

Pertamina GRR Tuban bekerja sama dengan Yayasan Mangrove Center Indonesia, LSM yang fokus bergerak di bidang pelestarian lingkungan di Tuban dan Jawa Timur, telah melakukan penanaman dan penghijauan area pantai di tiga desa Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, yaitu Desa Jenu, Desa Mentoso, dan Desa Purworejo melalui penanaman 20.000 bibit cemara laut.

Baca Lainnya :

    Project Coordinator Pertamina NGRR Tuban Wiko Taviarto menyampaikan program penanaman cemara laut ini diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan dalam penyerapan efek CO2. 

    “Selain itu pohon cemara dapat menyerap pulusi udara seperti CO2, untuk 1 pohon bisa menyerap CO2 sebesar 126,51 kg/tahun. Bila dikalikan dengan jumlah pohon yang kita tanam adalah 20.000 pohon maka jumlah CO2 yang bisa terserap adalah 2.530.200kg/ tahun,” ungkap Wiko melalui keterangan tertulisnya.

    Baca Lainnya :

      Penanaman pohon Cemara di pesisir pantai Kecamatan Jenu merupakan salah satu upaya mitigasi bencana di wilayah tersebut. Yaitu diperlukan untuk perlindungan pesisir, penahan abrasi/erosi pantai, memecah ombak besar dapat mengurangi derasnya ombak sebelum mencapai daratan. 

      "Cemara dipilih karena merupakan tanaman endemik, berkayu dan memiliki masa hidup yang panjang," tegasnya.

      Penanaman cemara laut sejatinya telah selesai dilakukan pada akhir Desember 2020 lalu dan pada Rabu (17/2) lalu dilakukan kegiatan Seremoni Serah Terima Penanaman & Penghijauan Cemara Laut Area Pantai Jenu Tuban di area Yayasan Mangrove Center Indonesia.

      Acara ini diawali dengan penyerahan bantuan secara simbolis bantuan penanaman 20.000 bibit cemara laut dari Wiko Taviarto, Project Coordinator Pertamina NGRR Tuban kepada Ali Mansyur, Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Mangrove Center Indonesia. Pertamina menanam 4.000 bibit cemara laut masing-masing di Desa Mentoso dan Purworejo, serta 12.000 di Desa Jenu.

      Ali Mansyur menambahkan penanaman mangrove cemara banyak bermanfaat untuk mencegah abrasi. 

      “Kegiatan ini juga dapat dikembangkan karena selain memberikan dampak positif bagi lingkungan, juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan dapat digunakan sebagai sarana rekreasi yang indah di tempat hijau,” lanjut Ali. 

      Turut hadir pula dalam kegiatan ini Bupati Tuban,  Kepala Bappeda Tuban, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban. 

      Dalam kesempatan tersebut Bupati Tuban, Fathul Huda, mengungkapkan rasa syukur dan bahagia karena Pertamina GRR Tuban terus merealisasikan program-program CSR nya. 

      “CSR yang dilakukan di semua lini diperhatikan, kesehatan, pendidikan, keagamaan, lingkungan, nelayan dengan memberikan premi asuransi, hampir semua diperhatikan,” ungkap Fathul. 

      Giat penanaman pohon ini sebagai tahap awal dan diharapkan akan selalu dijaga dilanjutkan oleh pemerintah, masyarakat dan dunia usaha sebagai upaya pengurangan risiko bencana.(suko)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more