Jalan Menuju TPPI Ditanami Pisang

Kamis, 19 Januari 2017, Dibaca : 984 x Editor : nugroho

Ali imron
TANAM PISANG: Warga menanam pohon pisang di jalan menuju TPPI yang kondisinya rusak.


SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Jalan masuk menuju PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) tepatnya di Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ditanami pohon pisang oleh warga setempat. Penanaman tersebut sebagai bentuk protes warga atas rusaknya jalan setempat yang tidak kunjung ada perbaikan.

"Sudah lama warga mendiamkan kondisi ini,” ujar seorang warga Purworejo, Sinyo, ketika ditemui suarabanyuurip.com, di bengkelnya, Kamis (19/1/2017).

Baca Lainnya :

    Pohon pisang yang didirikan tepat di tengah jalan searah lajur kiri tersebut ditanam setelah ada pengendara motor jatuh. Spontan warga yang sudah lama geram, langsung mengambil pohon dan sejumlah batu sebagai penyangganya.

    Diakuinya rusaknya jalan sepanjang 3 kilo meter (Km) itu bersamaan datangnya musim penghujan. Apalagi akses utama tersebut bukan hanya dilalui truk TPPI, namun juga kendaraan besar milik Terminal BBM (TBBM) Tuban, PT Dwi Raksa, dan truk cucian pasir di wilayah setempat.

    Baca Lainnya :

      "Lima warga yang geram langsung memasang pohon tepat 75 meter sebelah utara dari Pos Polisi Pereng," jelasnya.

      Tak lama setelah aksi ini diketahui pihak desa dan Polsek Jenu, anggota Babinkamtibmas langsung diminta membongkar pohon pisang itu. Pertimbangannya bila dibiarkan bakal mengganggu akses menuju objek vital Nasional.

      Kepala Desa Purworejo, Muksamiadi, membernarkan aksi yang dilakukan warganya tersebut. Dirinya mengaku tidak dapat berbuat banyak dengan aksi warga karena kondisi jalan yang memprihatinkan.

      "Iya, tadi ada warga yang menanam pisang tapi segera dibongkar oleh Babinkamtibmas," imbuhnya.

      Untuk menyelesaikan problem tersebut, empat perusahaan dan warga akan dipertemukan besok hari Jumat (20/1) di kantor Polsek Jenu. Upaya ini untuk meredam amarah warga, sekaligus memperbaiki infrastruktur menuju Kilang Pengolahan Minyak TPPI.

      Setelah pohon pisang di bongkar, ada beberapa petugas memakai helm proyek warna putih melakukan cek lokasi. Pegawai yang menggunakan mobil berwarna hitam itu, hanya memotret lokasi kemudian kembali ke kantornya.

      Tak hanya jalan saja yang kerap rusak, mayoritas lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak berfungsi. Beberapa lampu yang menyala disalurkan dengan listrik warga. (aim)


Show more