Kampanyekan Bebas Sampah Plastik dan Tanam Pohon di Agrowisata Sudu

Sabtu, 10 April 2021, Dibaca : 347 x Editor : nugroho

Ist
SIMBOLIS : EMCL serahkan peta lahan agrowisata Desa Sudu di sela-sela kampanye bebas sampah plastik dan tanam pohon bersama.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Operator Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Lembaga Alas Institute Bojonegoro mengkampanyekan bebas sampah plastik untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Kampanye dilaksanakan bersamaan dengan aksi menanam bersama di Agrowisata Desa Sudu, Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat (9/4/2021).

Dalam kampanye ini konsumsi yang disuguhkan menggunakan besek kemasan. Sementara untuk minumnya disipakan kendi. Bukan air mineral kemasan. Sehingga terlihat seperti kegiatan adat istiadat yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia dalam acara kebersamaan.

Baca Lainnya :

    "Ini sebagai bentuk menjaga dan melestarikan lingkungan," ujar Arul Efansyah, Manajer Program Alas Institute Bojonegoro di sela-sela kegiatan tanam pohon bersama.

    Ia berharap melalui aksi tanam pohon dan kampanye bebas sampah plastik ini dapat memicu semangat dan antusias semua pihak, khsusunya karang taruna untuk menjaga, merawat, melestarikan lingkungan serta mengembangkan agrowisata sebagai bentuk pengabdian pemuda untuk mendukung kemajuan desa. 

    Baca Lainnya :

      Perwakilan EMCL, Beta Wicaksono mengapresiasi kegiatan tanam pohon bersama yang mengedepankan konsep konten lokal dan mengkampanyekan kegiatan bebas sampah plastik.

      "Konsep seperti ini bisa ditiru mitra pendamping lainnya," ujarnya. 

      Dijelaskan, tanam pohon bersama ini merupakan salah satu rangkaian program pengembangan masyarakat (PPM) EMCL dalam konteks pelestarian lingkungan dan pemberdayaan.   

      Kepala Desa (Kades) Sudu, Abdul Manan menyampaikan terima kasih kepada EMCL karena sudah memberikan program penghijauan bagi warganya khsusunya karang taruna, dan pendamping program yang sudah mendampingi dan melaksanakan tahapan proses kegiatan teknis program. 

      “Semoga dengan adanya program ini pemuda khususnya karang taruna dapat mengelola lahan desa yang dijadikan agrowisata dengan sebaik mungkin, sehingga ke depan agrowsiata yang dikelola akan dapat berkembang, tanamanya hidup, berbuah dan bermanfaat," harap Manan. 

      Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanagan kesepakatan (memorandum of understanding/MoU) antara Kepala Desa dengan Karang Taruna. Serta penyerahan peta lahan Agrowisata Desa Sudu oleh EMCL yang diserahkan kepada Karang Taruna.  

      Tanam pohon dan kampanye bebas sampah plastik dihadiri perwakilan EMCL, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Pemerintah Kecamatan Gayam, Kapolsek dan Danramil Gayam, Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD Sudu, tokoh masyarakat, tokoh agama serta pengurus dan Anggota Karang Taruna Desa Sudu.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more