Karang Taruna Ring 1 Banyuurip Dilatih Kepemimpinan

Kamis, 15 November 2012, Dibaca : 1425 x Editor : nugroho

rin
TINGKATKAN SDM : Para pemuda ring 1 sumur minyak Banyuurip, Blok Cepu, ketika mengikuti pelatihan kepemimpinan.


SuaraBanyuurip.com - Ririn W

Bojonegoro - Mobil Cepu Limited (MCL), operator Migas Blok Cepu bekerjasama MercyCorps menggelar pelatihan kepada enam karang taruna ring 1 Lapangan minyak Banyuurip, Blok Cepu, di Griya Dharma Kusuma, Kamis (15/11/2012). Pelatihan dalam rangkaian program Taruna Bangga Usaha (Tangguh) itu bertujuan memebrikan pemahan kepada pemuda agar mengetahui fungsi dan tugas pokok organisasi dalam ikut andil di pembangunan masyarakat.

Enam karang taruna yang menjadi sasaran program Tangguh ini adalah Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo, Brabowan, Begadon, dan Ringintunggal. Semuanya masuk Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Baca Lainnya :

    “Kami mengadakan pelatihan mereka agar memahami dasar hukum dari Karang Taruna,karena didalamnya terdapat unsur struktural dari pemerintah pusat sampai kabupaten,tugas dan fungsi masing-masing seperti apa,” kata Melky, Project Manager Program Tangguh disela-sela acara.

    Dia menjelaskan,semua materi yang diberikan hari ini yang terpenting adalah bagaimana nantinya pemuda pemudi yang tergabung di dalam karang Taruna bisa menerapkan kepada lingkungan masyarakat.

    Baca Lainnya :

      “Disini juga ada dari Disnakertransos (Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial) yang berfungsi sebagai pembina tingkat kabupaten,selain itu  kita berusaha mensinkronkan Karang Taruna di tingkat desa dan tingkat kabupaten,” papar Melky.

      Dalam program yang diterapkan nantinya ada beberapa kesuksesan mobilisasi masyarakat yang dilakukan oleh Karang Taruna diantaranya aksi, kemandirian, advokasi, kontribusi masyarakataksi nyata kelompok, kesinambungan, proses, dan pelaksanaan program. “ Mercy Corps membimbing masyarakat untuk mengidentifikasi program yang akan dikembangkan. Bimbingan ini akan terus berkurang seiring dengan berjalannya program,” imbunhya. (rin/suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more