Kemendikbud Wajibkan Anak Masuk PAUD

Sabtu, 30 Juli 2016, Dibaca : 1080 x Editor : samian

Ali Imron
Sekira 4.000 siswa PAUD ramaikan Gebyar PAUD dan Launching Rintisan Wajib Belajar PAUD usia 4 hingga 6 tahun di Alun-alun Tuban


SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai tahun 2016 mewajibkan seluruh anak yang sudah berusia 4 sampai 6 tahun, untuk mengikuti program belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Instruksi tersebut lantaran pendidikan PAUD adalah pembelajaran sebelum SD dan telah diwajibkan United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

"PAUD merupakan program Kemendikbud yang sudah disosialisasikan sejak tahun lalu," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban, Sutrisno, kepada SuaraBanyuurip.com, Sabtu (30/7/2016).

Baca Lainnya :

    Kebijakan baru tersebut berlaku mulai tahun ini, dimana anak pada usia itu harus mengikuti PAUD, kemudian taman kanak-kanak (TK) dan kelompok bermain sebelum masuk sekolah dasar (SD). Kebijakan ini berlaku sejak UNESCO mewajibkan ada pembelajaran sebelum SD. Belajar pra-SD itulah yang diwadahi PAUD dan TK.

    Terpisah, Bupati Tuban, Fathul Huda, mendukung akan pentingnya pendidikan PAUD. Dimana pendidikan tersebut sebagai modal awal membangun karakter siswa yang baik di masa mendatang. Sebagai wujud keseriusan mendukung program wajib belajar PAUD. Pihaknya bersama legislatif dalam waktu dekat akan membuat regulasi, dan aturan wajib belajar untuk anak usia 4 sampai 6 tahun.

    Baca Lainnya :

      Pemerintah Daerah (Pemda) Tuban memproyeksikan pada tahun 2019 mendatang, program ini sudah tercapai 80 persen. Sehingga pada 2020 diharapkan seluruh anak di Kabupaten Tuban, mendapatkan pendidikan PAUD yang unggul.

      "Orang tua juga harus menerapkan gerakan 1821, yakni berhenti memainkan gadget selama tiga jam," sambungnya.

      Maksud dari gerakan 1821 tersebut mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB, anak tidak boleh main handphone, laptop atau televisi. Selama itu orang tua harus pro aktif mengajak anak untuk bermain, belajar, dan berbicara.

      Dalam acara Gebyar PAUD dan Launching Rintisan Wajib Belajar PAUD usia 4 hingga 6 tahun di Alun-alun Tuban hari ini, pihaknya meminta orang tua mengajak anaknya aktif komunikasi dan mendampinginya dalam belajar. (Aim)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more