Kendaraan Lapis Baja Brimob Mampu Buyarkan Kerumunan Massa

Rabu, 17 Februari 2021, Dibaca : 1024 x Editor : samian

Arifin Jauhari
Kendaraan Meriam Air Lapis Baja milik Brimob Bojonegoro mampu urai massa dengan cepat, karena dilengkapi peralatan canggih.


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Masyarakat Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tentunya sudah tidak asing dengan kendaraan milik Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Kompi 3 Batalyon C Pelopor yang satu ini. Pasalnya, kendaraan berlapis baja ini acapkali terlihat membantu penyemprotan disinfektan di fasilitas umum seputar Bojonegoro guna pencegahan Covid-19.

Kendati sejatinya kendaraan tersebut tak hanya digunakan penyemprotan saja tapi juga memiliki banyak kegunaannya. Diantaranya menahan terjangan peluru, hingga membubarkan kerumunan massa.

Baca Lainnya :

    "Armoured Water Canon (AWC) atau Kendaraan Meriam Air Lapis Baja adalah sebutan yang disandang secara resmi. AWC ini masuk kedinasan di Kompi 3 Bojonegoro secara resmi sejak Mei 2017," kata Komandan Kompi (Danki) 3 Brimob, Ajun Komisaris Polisi (AKP) I Gusti Putu Sumantri, saat ditemui SuaraBanyuurip.com di Markas Bojonegoro, Rabu (17/02/2021).

    Dijelaskan, Kendaraan AWC tersebut fungsi sebenarnya diperlukan untuk mengurai atau membubarkan massa. Dibekali dengan dua meriam utama terletak disisi atas kendaraan, sanggup menyemburkan air bertekanan tinggi, berdaya jangkau mencapai 70 meter.

    Baca Lainnya :

      "Dengan pengoperasian serba digital awak kabin didalamnya dari kapasitas tangki air yang berisi 6.500 liter," ujarnya.

      Kendaraan berkapasitas mesin 3.907 dengan bobot mencapai 16 ton ini, kata AKP Putu, diawaki lima personel. Terdiri satu pengemudi, satu Komandan Tim, dan tiga operator. Selain memiliki lapisan baja, kendaraan produksi Daejicar Korea Selatan ini juga memiliki roda khusus tipe Run Flat Tire (RFT) yang tetap sanggup melaju meski dalam keadaan bocor. Sementara laju normalnya mencapai 80 kilometer/jam.

      "Selain membantu tugas kemanusiaan di Bojonegoro sendiri, kendaraan meriam air lapis baja kita ini pernah juga diperbantukan untuk penugasan ke Madiun, Surabaya, dan Madura," jelas pria ramah ini.(fin)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more