Kodim Bersama Bank Jatim Bedah Rumah

Selasa, 06 Januari 2015, Dibaca : 1472 x Editor : nugroho

samian sasongko
BEDAH RUMAH : Wakil Bupati Setyo Hartono saat meletakkan batu pertama bedah rumah di rumah Marbiyah, warga Sumbertlaseh.


SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, bekerjasama dengan Bank Jatim melaksanakan program bedah rumah bagi masyarakat yang tidak mampu di wilayahnya, Selasa (6/01/2015). Kegiatan sosial ini untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat laju pembangunan.

Dalam pres releasenya yang dikirim kepada suarabanyuurip.com, Selasa (06/1/2015), pembukaan kegiatan bedah rumah ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Sjahrir Rijadi dengan di damping wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono serta Kepala Bank Jatim Bojonegoro, Yoga Prastiyo di rumah Marbiyah (56), warga Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander.

Hadir juga Ketua DPRD Bojonegoro, Mutroatin, Ketua Persit Candrakirana Kodim 0813, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro, Muspika Dander, dan Masyarakat sekitarnya.

Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Sjahrir Rijadi, mengatakan, program bedah rumah ini merupakan wujud kepedulian TNI sesuai dengan UU TNI Nomor 34 tahun 2014 khususnya OMSP, yaitu dengan wujudkan dalam membantu warga miskin (Gakin) atau kurang mampu.

"Sekaligus sebagai sarana untuk membantu pemerintah daerah dalam pemberdayaan wilayah serta mengatasi kesulitan rakyat dalam meningkatkan taraf hidupnya dengan menyiapkan rumah yang layak huni," kata Sjahrir Rijadi dalam siaran persnya. 

Untuk mewujudkan ini semua, kata Sjahrir, diperlukan langkah koordinasi dan kerjasama antara Bank Jatim dengan Kodim 0813 Bojonegoro. Selain itu, juga partisipasi aktif dari Camat dan Prangkat desa setempat serta gotong royong yang guyub dari masyarakat menjadi kunci penentu keberhasilan dan kelancaran kegiatan bedah rumah ini.

"Rumah Mbah Marbiyah warga RT. 10 RW. 01 sebelumnya berdindingkan bambu, ditambah lagi janda tua yang tidak punya anak dan kondisinya saat ini lagi sakit – sakitan. Sehingga, tidak bisa bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup kesehariannya ditopang oleh para tetangganya yang iba kepadanya," ungkapnya.

Ditambahkan, program bedah rumah dari bantuan Bank Jatim ini sebanyak 2 unit rumah. Dengan alokasi biaya per rumahnya sebesar Rp9,1 juta. Dua unit rumah yang dibedah tersebut semua berada di satu Desa Sumbertlaseh, tepatnya di RT. 10, RW. 01, dan RT. 02, RW. 01.

"Kini Rumah Mbah Marbiyah di ganti berdinding tembok dari batu bata bantuan dari Bank Jatim yang bekerjasama dengan Kodim 0813 Bojonegoro," imbuhnya. 

Dalam program bedah rumah ini, Dandim 0813 akan terus dikoordinasikan dengan pihak pemerintah daerah dan Bank Jatim maupun Bank – Bank yang lain. Sehingga program ini dapat dilaksanakan secara terus menerus yang muaranya memberikan bantuan rumah layak huni bagi rakyat miskin akan tercapai dan tepat sassaran.(sam)


Show more