Kominfo dan Komnasdik Jatim Selenggarkan Webinar Serentak di 14 Kabupaten/Kota

Kamis, 10 Juni 2021, Dibaca : 152 x Editor : nugroho

Didik Jatmiko
Kominfo dan Komnasdik Jatim menyelenggarkan webinar serentak di 14 Kabupaten/Kota.


SuaraBanyuurip.com - Didik Jatmiko

Bojonegoro- Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan literasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah Menyusun Peta Jalan Literasi Digital 2021 – 2024 yang menggunakan sejumlah referensi global dan nasional. Dalam Peta Jalan ini dirumuskan 4 (empat) kerangka literasi digital untuk penyusunan kurikulum, yaitu Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Culture. Dan 3 (tiga) kerangka literasi digital yang digunakan dalam penyusunan program yaitu, Digital Society, Digital Economy, dan Digital Government.

Untuk mewujudkan 4 (empat) kerangka tersebut maka Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur. Kegiatan Webinar ini bekerjasama dengan Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Jawa Timur. Hasil yang diharapkan dari Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I , yang salah satunya adalah Kabupaten Bojonegoro, antara lain: 1) Tercapainya target 757.361 orang mendapatkan literasi digital pada tahun 2021. 2) Berjalannya 1.251 Kegiatan Literasi Digital di 14 Kabupaten/Kota Tahun 2021 dengan lancar. 3) Terwujudnya masyarakat yang cerdas, positif, kreatif, produktif, dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan internet 4) Meningkatnya kemampuan kognitif masyarakat untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet lainnya 5) Menciptakan budaya literasi digital di masyarakat Indonesia.

Baca Lainnya :

    Webinar ini menghadirkan narasumber yang berkompeten untuk memberikan dan berbagi ilmu tentang literasi digital kepada peserta. Narasumber webinar berlatar belakang akademisi baik dari Perguruan Tinggi maupuan Sekolah/Madrasah, Praktisi Teknologi Informasi, Komunitas yang peduli untuk perkembangan dan edukasi literasi digital kepada masyarakat,

    Pada hari pertama kegiatan webinar ini, webinar diselenggarakan di lima kota, yaitu Surabaya, Malang, Probolinggo, Jember, dan Banyuwangi. Untuk masing-masing kota menghadirkan 4 (empat) narasumber dengan dipandu oleh 1 moderator dan 1 influenser (penggerak kegiatan). Webinar hari pertama mendapatkan respon yang sangat luar biasa. Tercatat lebih dari 2500 peserta yang mendaftar pada kegiatan ini.

    Baca Lainnya :

      Dalam webinar ini, Ketua Komnasdik Kabupaten Kediri Mohamad Yasin, juga ambil peran sebagai salah satu narasumber untuk Kota Surabaya. Tema yang dibawakan adalah Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi (Digital) dalam Menghadapi Era Industri 4.0. 

      "Ini sebagai komitmen Komnasdik Kabupaten Kediri dalam ikut serta memajukan Pendidikan di Kabupaten Kediri pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya," ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Rabu (9/6/2021) kemarin.

      Kegiatan Webinar ini direncanakan dilaksanakan dalam kurum waktu 7 bulan ke depan. Untuk Bojonegoro sendiri sudah 5 ( lima ) kali di selenggarakan dan untuk jadwal selanjutnya adalah Kamis, 10 Juni 2021 dan Sabtu, 12 Juni 2021 , bertemakan "Literasi digital; Penting?" Yang salah satu pembicaranya adalah Bang Risky Ardi Nugroho, yang merupakan Co-Founder Paberik Soeara Rakjat.

      Adapun fasilitas yang didapatkan seluruh peserta adalah E-sertifikat dari Kominfo, Tambahan wawasan seputar literasi digital dan terdapat Doorprize E-money untuk 20 peserta yang beruntung di setiap kegiatan. 

      Bagi calon peserta bisa mendaftarkan diri di Link pendftaran untuk Minggu ini yaitu s.id/litdigbojonegoro1006.(dik)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more