Komisi C : Silpa Besar, Serapan Tak Maksimal Kok Mau Ngelola CSR

Kamis, 16 Januari 2020, Dibaca : 629 x Editor : rozaqy

Ririn Wedia
Sekretaris Komisi C DPRD Bojonegoro, Supriyanto


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menegaskan akan mengundang Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk menanyakan tekhnis pembagian Progam Pengembangan Masyarakat (PPM) atau yang familiar disebut Corporate Social Responsibility (CSR) dari Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3S) di Bojonegoro.

"Terutama program CSR dari perusahaan migas," kata Sekretaris Komisi C DPRD Bojonegoro, Supriyanto, Rabu (16/1/2020). 

Baca Lainnya :

    Menurutnya, setelah mengetahui paparan dari EMCL, operator Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, terkait pemberian program selama ini, Komisi C meminta Bappeda memaparkan tekhnis pengelolaan CSR yang nilainya hampir Rp 30 miliar. 

    "Kami mau tau, bagaimana Pemkab mengelola CSR yang nilainya puluhan miliar itu. Jangan sampai ada doble accounting dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," lanjutnya.

    Baca Lainnya :

      Menurutnya, APBD Bojonegoro tahun 2019 yang mencapai Rp7,1 triliun saja masih belum bisa diserap 100 persen. Apalagi adanya sisa lebih anggaran (Silpa) yang mencapai Rp2 triliun menjadi hal yang patut dipertanyakan jika meminta program CSR untuk pembangunan. 

      "Silpanya saja besar, serapan tidak maksimal kok mau minta program CSR," ungkapknya. 

      Pihaknya meminta agar, K3S tetap   memprioritaskan program CSR ke pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi masyarakat sekitar.

      Apabila ada skema baru, Komisi C akan mendukung  asal itu sesuai regulasi. Tapi yang jelas harus memprioritaskan daerah sekitar. 

      "Wong daerah sekitar juga masih memprihatinkan," tandasnya. 

      Terpisah, Plt Kepala Bappeda, Anwar Murtadlo, mengaku masih terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk pelaksanaan program CSR tahun ini. 

      "Rencananya, kami akan rapat dengan SKK Migas dan semua K3S bersama DPRD Bojonegoro,"pungkasnya. (rien)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more