Mahasiswa Teknik Perminyakan Unprok Kunjungan Lapangan di PPSDM Migas

Senin, 13 September 2021, Dibaca : 346 x Editor : nugroho

Ist/ppsdm migas
TINGKATKAN SDM : Mahasiswa Teknik Perminyakan Unprok kunjungan lapangan secara virtual di PPSDM Migas


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Jejaring kerja Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) terus melebar meskipun di masa pandemi. Komitmen PPSDM Migas selalu meningkatkan SDM tidak hanya untuk pekerja semtor industri, tetapi juga untuk mahasiswa dan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan kunjungan lapangan dari jurusan Teknik Perminyakan Universitas Proklamasi Yogyakarta pada Senin (13/9/2021) yang dilaksanakan secara virtual. Pada kesempatan kali ini, kunjungan terbagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, kunjungan dibuka oleh tim profesi dari Laboratorium Pemboran.

Baca Lainnya :

    Joko Susilo, salah seorang pengajar pemboran PPSDM Migas menjelaskan tentang fasilitas- fasilitas yang di laboratorium pemboran.

    “Kami mengucapkan selamat datang di kunjungan virtual di PPSDM Migas. Laboratorium Pemboran PPSDM Migas mempunyai banyak fasilitas, beberapa diantaranya adalah kami mempunyai Drilling Rig 350 HP, Drilling Equipment Cutaway, Drilling Simulator DPWS 22 SP, Drilling Simulator Ultra-Light DPWS 22 UL, Drilling Simulator Full Size, dan Cyber Drilling Simulator,” ungkapnya.

    Baca Lainnya :

      Selain itu, Joko menambahkan bahwa Laboratorium Pemboran PPSDM Migas telah mempunyai pengalaman yaitu dengan Derrickman Course UIR, Derrickman Course UPN, Floorman Course CSR ExxonMobil Cepu Limited dan banyak yang lainnya.

      “Dengan program pelatihan beberapa diantaranya adalah pelatihan Basic Drilling Engineering Course, Well Control Course, Advanced Drilling Course dan Cyber Base Drilling Simulation Training,” tuturnya.

      Untuk sesi selanjutnya, paparan dari Laboratorium Produksi PPSDM Migas yang diwakili oleh M. Ridwan Ansyori, salah satu widyasiwara PPSDM Migas. Ia menjelaskan fungsi fasilitas peraga kegiatan produksi.

      “Saya di sini akan menjelaskan mengenai fungsi fasilitas peraga kegiatan produksi yaitu sebagai sarana penunjang pelaksanaan kegiatan pelatihan operasi produksi. Selain itu sebagai Tempat Uji Kompetensi atau TUK sertifikasi operator produksi dan perawatan sumur di industry migas. Tak hanya itu, laboratorium produksi juga menerima kunjungan studi mahasiswa dan pelajar SMK dari seluruh Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap,” ungkap Ridwan.

      Untuk sesi terakhir, tim marketing PPSDM Migas yang diwakili oleh Siti Khoirotunnisa menjelaskan potensi kerja sama antara PPSDM Migas dengan Universitas Proklamasi Yogyakarta.

      “Ada banyak potensi kerja sama untuk universitas-universitas dengan tujuan mengembangkan skill dan memberikan pengakuan kompetensi bagi lulusan serta perguruan tinggi itu sendiri. Tentunya agar mereka mampu berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas yang mendukung pertumbuhan laju perekonomian nasional dan memenangkan persaingan global,” jelasnya.

      Gelaran acara ini juga disambung dengan sesi tanya jawab interaktif yang berdiskusi tentang fasilitas yang ada di laboratorium pemboran, produksi dan potensi kerja sama dengan PPSDM Migas.(adv/suko) 



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more