MAN 3 Bojonegoro Raih Juara 1 Best Design Kategori Robot Underwater Tingkat Nasional

Jum'at, 12 Februari 2021, Dibaca : 730 x Editor : nugroho

joko kuncoro
MEMBANGGAKAN : Pelajar MAN 3 Bojonegoro sabet Juara 1 Best Design Kategori Robot Underwater Tingkat Nasional.


SuaraBanyuurip.com -  Joko Kuncoro

Bojonegoro - Prestasi tingkat nasional bidang robot diraih siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bojonegoro, Jawa Timur dalam ajang Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020. Kompetisi robotik ini pertama kali diikuti MAN 3 Bojonegoro. Namun, tim robotik excellent berhasil menyabet juara 1 Best Design kategori Robot Underwater.

Madrasah Robotic Competition 2020 digelar Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Universitas Islam Assyafiiyah Jakarta dan IRTC di tingkat nasional. Final kompetisi robotik berlangsung pada 7 Februari hingga 11 Februari 2021. Rizal Tri Ariyanto kelas 11 dan Fitria Yuliani kelas 10 yang tergabung dalam tim robotik excellent 2 menyabet juara 1 Best Design kategori Robot Underwater.

Baca Lainnya :

    Pembina robotik MAN 3 Bojonegoro Saidah Diana Mariam mengatakan, kompetisi robot ini pertama kali yang diikuti siswa MAN 3 Bojonegoro. Namun tim robotik mampu melaju sampai babak final di Jakarta. Dalam kompetisi ini, MAN 3 yang ada di Kecamatan Ngraho ini mempersiapkan siswa untuk menghadapi globalisasi revolusi industri di era digital.

    Sehingga, lanjut dia, siswa madrasah diharapkan tidak hanya pandai ilmu agama, akan tetapi juga memiliki kemampuan ilmu sains dan teknologi untuk menghadapi masa mendatang. Sebab, madrasah harus mampu mencetak generasi yang memiliki kelengkapan akhlaq mulia dan pandai secara intelektualnya.

    Baca Lainnya :

      "Dengan inilah tujuan dari madrasah dalam membangun generasi yang hebat dan bermartabat," katanya, Jumat (12/2/2021).

      Hal itu pula yang melatarbelakangi MAN 3 Bojonegoro ikut dalam Madrasah Robotic Competition 2020 ini. Sedangkan, Robot Underwater yang berhasil menyabet juara 1 itu memiliki sejumlah keunggulan. Yakni, robot bisa menyelam ke dalam air selama satu jam, bahkan lebih.

      Guru Fisika di MAN 3 Bojonegoro itu mengatakan, misi robot dalam lomba ini yakni memindahkan kelereng pada tempat yang ditentukan. Selain itu, robot underwater ini jika diterapkan di kehidupan sehari-hari mampu mengobservasi terumbu karang di bawah laut.

      "Juga robot ini bisa mendeteksi kebocoran pipa minyak dengan cara menambahkan wec camera pada robot," ungkapnya.

      Dia menjelaskan, untuk mempersiapkan mengikuti final di Jakarta para siswa melakukan latihan setiap hari agar saat tampil bisa maksimal. Ini menjadi prestasi membanggakan bagi MAN 3 Bojonegoro dengan menyabet juara satu Best Design kategori Robot Underwater ini.

      "Prestasi ini juga mampu mengharumkan nama Kabupaten Bojonegoro di lomba bertingkat nasional," katanya.

      Selain itu, dukungan serta motivasi selalu diberikan Kepala Sekolah MAN 3 Bojonegoro Bapak H Khoirussalim agar madrasah semakin maju dengan segudang prestasi yang diraih. Juga doa dan dukungan keluarga besar MAN 3 Bojonegoro prestasi ini mampu raih.

      "Bapak H Khoirussalim turut berharap siswa madrasah tidak hanya bisa ikut kompetisi tingkat nasional, melainkan bisa sampai tingkat internasional," katanya.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more