MCL Serahkan Tambat Labuh Palang

Jum'at, 01 Februari 2013, Dibaca : 1188 x Editor : nugroho

edy purnomo
TANDA TANGAN : Bupati Fathul Huda didampingi Ken Miner (baju batik merah) menandatangani prasasti tambat labuh..


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Operator Minyak dan Gas (Migas) Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL) menyerahkan bantuan tambat labuh sepanjang sekira 150 meter kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Vice President and Senior Project Manager proyek Banyuurip Ken Miner kepada Bupati Tuban, Fathul Huda, di Kantor Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Jum’at (1/2/2013).

Bantuan tambat labuh itu dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat disekitar proyek operasi produksi migas. Seperti pengadaan tambat labuh yang ditujukan kepada para nelayan yang ada di Desa Leran Kulon, Glodog dan Karang Agung Kecamatan Palang.

Baca Lainnya :

    “Tambat labuh ini diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat nelayan yang ada disekitar lintasan jalur pipa minyak Mcl,” ujar Vice President Public and Government Affairs Exxon Mobil, Erwin Maryoto saat ditemui usai acara serah terima tambat labuh.

    Erwin menegaskan, bantuan tambat labuh ini sebagai wujud komitmen ExxonMobil melalui anak perusahaannya, MCL untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat nelayan. Selain itu juga atas saran dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk melakukan beberapa pembangunan infrastruktur, disamping beberapa program kegiatan sosial masyarakat lainnya.

    Baca Lainnya :

      “Kami juga melakukan beberapa program pelatihan seperti menjahit dan pengolahan hasil laut untuk istri para nelayan,” tambah Erwin yang saat itu didampingi salah satu

      Ditemui usai menerima bantuan tambat labuh, Bupati Tuban Fathul Huda berharap, semua bantuan yang diberikan kepada semua pelaku industri bisa tepat sasaran. Maksudnya, semua bantuan atau program yang diberikan kepada masyarakat harus sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat sekitar.

      “Saya mengharapkan, semua bantuan untuk tambat labuh bisa diberikan sesuai dengan kebutuhan yang ada,” sambung Fathul Huda.

      Dia juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian MCL terhadap nelayan di Tuban. Diharapkan tambat labuh yang dibangun di Desa Glodog, Kecamatan Palang ini tidak hanya dimanfaatkan oleh nelayan Glodog. Tapi juga beberapa nelayan yang ada di sekitar Kecamatan Palang.

      “Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan masyarakat nelayan sebagaimana mestinya,” pungkas Huda.

      Dalam pelaksanaan pembangunan tambat labuh ini MCL menggandeng LSM  Institute for Research and Community Development Studies (IRCOS) sebagi pendamping program. Serah terima program ini dihadiri jajaran Pemkab Tuban, perwakilan ExxonMobil, Muspika Palang, Pemerintah Desa Glodog, serta beberapa organisasi dan perwakilan dari nelayan setempat.

      Untuk diketahui, Kecamatan Palang merupakan salah satu wilayah bdi Tuban yang akan menjadi pusat proyek engineering, procurement and construction (EPC) Banyuurip. Yakni EPC-2 yang membangun jaringan pipa darat, EPC-3 mengerjakan pipa dibawah laut dan menara tambat serta EPC-4 membangun tanki raksasa penampung minyak mentah yang terapung ditengah laut. (edp)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more