Melihat Kemeriahan Festival Layang-layang di Taman Pinggir Gawan Pilanggede

Minggu, 06 September 2020, Dibaca : 348 x Editor : nugroho


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Pemerintah Desa (Pemdes) Pilanggede, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar festival layang-layang dua dimensi, Minggu (6/9/2020). Festival yang digelar di lapangan Taman Pinggir Gawan (TPG) tersebut sebagai bentuk rasa syukur masyarakat dalam menyambut musim panas.

Sekitar 43 layang-layang besar beraneka ragam bentuk dan tema mewarnai langit sore Desa Pilanggede. Di antaranya bentuk leang-leong, garuda, hingga jenis hewan ditampilkan peserta lomba.

Baca Lainnya :

    Ketua Panitia Festival layang-layang Iwan Zuhdi mengatakan, peserta lomba layang-layang  hanya boleh diikuti masyarakat lokal Bojonegoro saja. Sebab, masih dalam keadaan pandemi Covid-19. Karena itu, peserta dari luar Bojonegoro, tidak diperkenankan mengikuti lomba.

    “Festival layang-layang ini untuk mengisi waktu luang dan menghibur masyarakat,” katanya saat di temui di taman.

    Baca Lainnya :

      Dia menjelaskan, festival layang-layang  ini sebagai ajang kompetisi dan menyalurkan hobi masyarakat Desa Pilanggede. Selain itu, masyarakat Pilanggede sudah biasa membuat layang-layang berukuran besar yang dikenal dengan sebutan ‘sowangan' kemudian menerbangkannya di tepi Bengawan Solo.

      “Kemudian ini menjadi salah satu ide untuk membuat festival layang-layang," lanjut Iwan.

      Ada beberapa kategori penilaian dalam lomba layang-layang tersebut, di antaranya melihat dari keindahan, keunikan, ketenangan, ketinggian dan yang terpenting bisa terbang.

      “Rata-rata layang-layang  mempunyai keunikan dan bentuk indah. Namun, saat diterbangkan tidak bisa terbang,’’ katanya kepada SuaraBanyuurip.com.

      Kepala Desa Pilanggede Yaskun menambahkan, selain menggelar festival layang-layang, Pemdes juga mengadakan lomba kebersihan lingkungan. Karena, itu sangat penting untuk menjaga lingkungan masyarakat.

      “Lomba lingkungan sudah menjadi kegiatan rutin yang digelar oleh Pemdes Pilanggede,” ujar Yaskun. (jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more