Mendes PDTT: Desa Wisata Punya Tanggung Jawab Besar Pulihkan Ekonomi Nasional

Sabtu, 05 Juni 2021, Dibaca : 213 x Editor : nugroho

Joko Kuncoro
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam kunjungan ke Desa Sumuragung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Desa wisata mampu menggerakkan perekonomian lokal. Hal itu menjadi tanggung jawab besar bagi desa-desa dalam pemulihan ekonomi nasional. Sebab, pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi sektor perekonomian.

"Saya mengapresiasi rintisan Wisata Tebing Gupit di Desa Sumuragung ini. Karena, satu-satunya desa saya kunjungi dengan kondisi alami ada di Desa Sumuragung," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam kunjungan ke Desa Sumuragung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro.

Baca Lainnya :

    Menurut Menteri, menjadi tanggung jawab besar bagi desa-desa dalam pemulihan ekonomi nasional karena dampak pandemi Covid-19. Karena itu, pemulihan ekonomi nasional dibebankan kepada desa wisata.

    Namun, kunci adanya desa wisata untuk menggerakkan perekonomian lokal adalah peran dari badan usaha milik desa (BUMDes). Peran ini penting untuk desa wisata agar terjadinya perputaran ekonomi.

    Baca Lainnya :

      "Karena pertumbuhan ekonomi lokal tepatnya di desa ditopang oleh bumdes," ungkap Halim saat mengunjungi Wisata Tebing Gupit Desa Sumuragung.

      Dia mengatakan, saat ini pemerintah benar-benar fokus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa. Yakni dengan pemanfaatan dana desa (DD) sesuai kebutuhan desa dan untuk mempermudah pembangunan.

      "Maka dengan adanya desa wisata akan menciptakan perputaran ekonomi. Misalnya penyerapan tenaga kerja terutama warga lokal," ungkapnya, Sabtu (5/6/2021).

      Sementara itu Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto mengatakan, rintisan desa wisata ini tentu memiliki potensi keindahan alam dan adanya perputaran ekonomi masyarakat lokal. Karena, Bojonegoro merupakan kabupaten luas yakni 231.125 hektare, dengan kondisi itu bisa menjadi harapan besar bagi masyarakat.

      "Dan pemerintah bisa hadir dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat demi pembangunan," kata Wabub Bojonegoro.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more