Menikmati Kopi Arang Khas Jogja di Bojonegoro

Rabu, 23 September 2020, Dibaca : 443 x Editor : nugroho

joko kuncoro
KULINER : Bagi warga Bojonegoro yang ingin menikmati kuliner khas Jogja bisa datang di Angkringan Jalan Veteran.


SuaraBanyuurip.com -  Joko Kuncoro

Bojonegoro - Jika anda menyukai kuliner khas Jogja tapi berada di Bojonegoro, anda tak perlu khawatir. Satu angkringan di Jalan Veteran menyajikan kopi arang, khas Jogja. 

Penyajian kopi menggunakan arang memang belum populer di Bojonegoro. Saat air masih panas, arang dimasukkan ke dalam kopi dan menimbulkan suara jooss.

Baca Lainnya :

    “Karena itu, kopi jos menjadi sebutan lain dari kopi arang,’’ kata Khoirul Iksan salah satu pemilik angkringan.

    Khoirul sapaan akrabnya, menjelaskan kopi jos memang terinspirasi di Yogyakarta. Namun, di Bojonegoro belum ditemukan penjual kopi arang. Akhirnya ia membuka usaha sendiri yakni angkringan Sahabat dengan sajian kopi khas Yogyagkarta yang menjadi kopi andalan.

    Baca Lainnya :

      Rasa kopi arang berbeda dengan kopi lainnya. Selain pahit dan manis juga ada kombinasi aroma asam. Karena pengaruh arang yang berasal dari kayu asam. Namun, kayu arang yang digunakan merupakan arang khusus. Sehingga masih bersih. 

      “Dan hanya digunakan sekali pakai saja,’’ katanya, Rabu (23/9/2020).

      Dalam pembuatan kopi arang tidak ada perbedaan seperti di Kota Yogyakarta. Pertama kopi diseduh, lalu arang yang masih membara dicelupkan. Namun, kopi arang cukup aman ketika dikonsumsi.

      Selain menyediakan kopi arang, dia juga menyediakan menu jajanan. Seperti usus bakar, ampela bakar, sosis bakar, dan sego kucing persis angkringan di Jogja. Cukup dengan Rp 5 ribu bisa menikmati kopi dengan kombinasi arang dalam cangkir. (jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more