MI Fathul Ulum Sumberjokidul Gelar PAT di Tengah Pandemi

Kamis, 11 Juni 2020, Dibaca : 204 x Editor : nugroho

didik jatmiko
TETAP BELAJAR : Siswa MI Fathul Ulum Sumberjokidul mengikuti PAT di tengah pandemi virus corona.


SuaraBanyuurip.com - Didik Jatmiko

Bojonegoro - Sebanyak 116 pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Fathul Ulum Sumberjokidul, Desa Sumberjokidul Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggikuti penilaian akhir tahun atau PAT, mulai Senin - Sabtu (8-13/2020).

PAT dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Yakni melalui luring yang dikerjakan di rumah siswa masing-masing untuk menghindari kerumunan massa dalam pengambilan naskah soal dan pengembalian lembar jawaban.

Baca Lainnya :

    "Kami mendirikan pos pantau PAT di 8 (delapan) zona wilayah yang berbeda, tiap zona terdiri dari 10 – 15 anak, kata Kepala MI Fathul Ulum Sumberjokidul, Masyhudi, Kamis (11/6/2020).

    Dijelaskan, setiap pos disiagakan seorang guru yang bertugas membagikan naskah soal dan menerima lembar jawaban siswa serta keliling memonitoring pelaksanaan PAT ke rumah siswa yang berada di zona masing-masing.

    Baca Lainnya :

      Dalam pengambilan naskah soal dan mengembalian lembarjawaban ujian, pihak sekolah tetep mewajibkan siswa untuk mematuhi protokoler kesehatan. Mulai wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

      "Kami juga menyediakan masker bagi siswa yang kelupaan membawa masker saat mengambil naskah soal," tegasnya.

      Untuk mengikuti PAT, seluruh siswa diharapkan mengikuti panduan yang sudah ditetapkan madrasah. Antara lain pada pukul 06.30 s/d 07.00 WIB peserta melaporkan kesiapan di group WA kelas masing-masing dan pukul 07.00 s/d 07.30 WIB peserta berangkat menuju pos pantau masing-masing untuk mengambil naskan soal.

      "Sehingga mulai 07.30 WIB seluruh peserta mulau mengerjakan soal sesuai jadwal yang sudah diumumkan," ucapnya.

      Masyhudi menyampaikan, pelaksanaan PAT mulai hari pertama hingga hari ini sudah sesuai harapan. Semua peserta ujian telah menerima soal ujian dan melaksanakan ujian tersebut dirumah masing-masing sesuai dengan petunjuk panitia dan juga protokol kesehatan.

      “Hingga siang ini tidak ada wali kelas atau guru mata pelajaran yang menerima komplin dari peserta ataupun permasalahan yang serius,” tegasnya.

      Jumlah peserta PAT dari kelas 1 sampai V yang berjumlah 116 orang semuanya telah diberikan arahan dan bimbingan tentang petunjuk dalam mengerjakan pada saat soal diberikan.

      “Karena dikerjakan di rumah, kami selalu mengingatkan agar soal tersebut benar-benar dikerjakan mereka sendiri tanpa bantuan orang lain ataupun lewat media lainnya demi melatih karakter dan sifat kejujuran pada mereka,” tuturnya.

      Masyhudi berharap untuk hari-hari berikutnya pelaksanaannya juga berjalan lancar tanpa mengalami kendala apapun seperti pendistribusian soal baik penyerahan maupun menerima kembali hasil jawaban. 

      “Semoga saja tidak ada anak yang lambat dalam menyerahkan hasil jawabannya ke pos pantau” imbuhnya.(dik)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more