Musim Pancaroba, BPBD Imbau Masyarakat Waspadai Bencana Alam

Senin, 28 September 2020, Dibaca : 93 x Editor : nugroho

dok/sbu
WASPADA PANCAROBA : Pohon tumbang di Jalan Nasional Bojonegoro - Surabaya akibat hujan deras disertai angin kencang.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bencana alam karena telah memasuki musim pancaroba. Musim hujan segera datang, sehingga bencana banjir dan longsor juga perlu diwaspadai.

Kepala BPBD Bojonegoro Nadief Ulfia mengatakan, masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan diprediksi terjadi pada akhir September hingga pertengahan Oktober 2020.

Baca Lainnya :

    "Ya, bencana alam yang perlu diwaspadai adalah hujan disertai dengan angin kencang dan petir," katanya, Senin (28/9/2020).

    Ulfia sapaan akrabnya menjelaskan, perkiraan BMKG wilayah Bojonegoro, saat ini sudah memasuki musim pancaroba. Sehingga, masyarakat harus berhati-hati saat berkendara jika terjadi angin kencang.

    Baca Lainnya :

      "Karena rawan terjadi pohon tumbang di sepanjang jalan," katanya kepada SuaraBanyuurip.com.

      Dia mengatakan, seperti terjadi di Kecamatan Balen beberapa hari lalu, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan 12 pohon tumbang. Bahkan, SPBU yang berada di jalan raya balen juga ikut terdampak.

      "Masyarakat setempat harus berperan aktif dalam mengantisipasi bencana alam yang akan terjadi," kata Ulfia.

      Ulfia menambahkan, ketika sedang berkendara dan terjadi hujan disertai petir. Lebih baik berhenti segera mencari tempat berlindung. Karena, itu sangat berbahaya.

      “Lebih baik berhenti mencari tempat aman," ujarnya. (jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more