Ngloram Masuk Target Revitalisasi Transportasi Udara

Selasa, 14 Januari 2014, Dibaca : 2349 x Editor : nugroho

SuaraBanyuurip.com - Ali Musthofa

Blora- Provinsi Jawa Tengah terus gethol menyiapkan infrastruktur transpotasi udara yang ada di wilayahnya. Empat bandar udara (bandara) di Jawa Tengah saat ini menjadi target untuk dilakukan revitalisasi.

Adapun keempat bandara itu adalah Bandara Internasional A Yani Semarang, Bandara Dewandaru di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Lapangan Terbang (Lapter) Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora dan Bandara Wirasaba di Kabupaten Purbalingga.

Baca Lainnya :

    Kepala Dinas Perhubungan Kominikasi dan Informasi Jateng, Urip Sihabudin, mengatakan, selain Bandara Internasional A Yani Semarang, ketiga bandara lainnya saat ini dalam proses revitalisasi. Diharapkan dengan revitalisasi itu bandara tidak hanya didarati pesawat carteran kecil jenis Cassa, sehingga dapat melayani jumlah penumpang yang lebih banyak.

    "Paling tidak pesawat komersil lebih besar dengan kapasitas penumpang diatas 40 orang bisa mendarat,"kata Urip.

    Baca Lainnya :

      Dia megatakan, salah satu bandara yang sedang dirumuskan untuk dilakukan revitalisasi dan pengembangan adalah lapangan terbang (Lapter) Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora yakni pembebasan lahan seluas 60 hektare.

      Dijelaskan Urip, nantinya selain menjadi bandara komersil, pengembangan bandar udara ini juga mendukung kegiatan pusat pendidikan dan latihan (Pusdiklat) Migas Cepu dan industrialisasi migas Blok Cepu.

      "Anggaran pembebasan tanah ditanggung pemerintah pusat yang dialokasikan pada Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM," imbuhnya. Luasan pembebasan lahan itu untuk penambahan panjang landasan pacu pesawat (runway) dari 900 meter menjadi 2.200 meter."Jika pembangunan lancar, maka tahun 2015 bandara ini sudah dapat beroperasi," tambahnya.(ali)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more