Pagelaran Wayang Thengul Tandai Sedekah Bumi Desa Penghasil Migas Sukowati

Selasa, 26 Oktober 2021, Dibaca : 614 x Editor : samian


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Kegiatan adat sedekah bumi (manganan) di Desa Campurejo, Kecamatan Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ditandai dengan gelaran kesenian wayang thengul, Selasa (26/10/2021).

Desa yang ditetapkan sebagai penghasil minyak dan gas bumi (Migas) di wilayah Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP) Zona 11 Sukowati Field, Blok Tuban, ini menyelenggarakan acara wayangan dalam pembatasan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Lainnya :

    Dalam sambutannya, Kepala Desa (Kades) Campurejo, Edi Sampurno mengatakan, bahwa sedekah bumi merupakan perwujudan rasa syukur warga yang tersaji dalam bentuk kegiatan adat istiadat sebagai kearifan lokal.

    "Biasanya kegiatan kita gelar pada malam hari, namun karena situasi masih pandemi kita buat siang hari. Alhamdulillah, meski dalam keterbatasan, pelestarian budaya lokal masih bisa dilakukan," katanya.

    Baca Lainnya :

      Dijelaskan, pagelaran wayang thengul adalah tradisi setiap tahun dalam tasyakuran sedekah bumi di Desa Campurejo. Pada tahun ini, mengundang Dalang Ki Mudo Suntoro, asal Desa Ngorogunung, Kecamatan Bubulan. Membawakan lakon "Tumuruning Karahayon". Bermakna memohon kesuburan, keberkahan dan keselamatan bagi warga Desa Campurejo.

      "Harapan kami, warga Desa Campurejo selalu dijauhkan dari balak, dimurahkan rejeki, dan selalu mendapat perlindungan dan keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa," harapnya.

      Pembukaan pagelaran wayang thengul sebagai simbol sedekah bumi ditandai dengan penyerahan gunungan dari Kades Campurejo Edi Sampurno kepada Dalang Ki Mudo Suntoro.(fin) 


Show more