Panen Raya Tembakau di Bojonegoro, Harga Capai Rp 27 Ribu Perkilogram

Jum'at, 10 September 2021, Dibaca : 693 x Editor : nugroho

Joko Kuncoro
PANEN : Harga tembakau di Bojonegoro mencapai Rp 27 ribu perkilogram pada musim panen kali ini.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Para petani tembakau di Kabupaten Bojonegoro mulai panen. Masa panen raya tembakau di Bojonegoro, Jawa Timur tahun ini diperkirakan tidak serempak. Sebab, sejumlah petani harusnya Juni lalu mulai tanam tembakau, namun ada petani yang masih menanam padi dan baru tanam tembakau selepas panen padi.

"Karena masih ada hujan sehingga sebagian petani masih ada yang tanam padi," kata Imam Nurhamid Kabid Pangan Holtikultura dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro.

Baca Lainnya :

    Dia mengatakan, di Bojonegoro petani di 22 kecamatan menanam tembakau. Yakni dengan luas areal tanam tembakau 10.371 hektare seluruh kecamatan di Bojonegoro.

    Di antaranya Kecamatan Ngraho, Margomulyo, Tambakrejo, Ngambon, Sekar, Bubulan, Gondang, Temayang, Sugihwaras, Kedungadem, Kanor, Kepohbaru, Baureno, Sumberrejo, Balen, Sukosewu, Dander, Ngasem, Malo, Purwosari, padangan, dan Kasiman yang menanam tembakau.

    Baca Lainnya :

      Karena itu, Imam mewanti-wanti para petani untuk menjaga kualitas tembakau. Sebab sebentar lagi akan memasuki musim hujan tentu akan mempengaruhi kualitas.

      "Apalagi, para petani mulai tanam tembakau tidak serempak dan akhirnya berefek ketika panen raya. Jika kualitas hasil panen tembakau menurun pasti harga tembakau akan menurun," katanya, Jumat (10/9/2021).

      Dia menjelaskan, untuk saat ini harga tembakau trennya mengalami kenaikan yakni mulai Rp 23 ribu hingga Rp 27 ribu per kilogramnya. Tentu, setelah panen raya yang akan berlangsung pada Oktober mendatang beberapa perusahaan akan melakukan penyerapan.

      "Seperti PT Sadana, PT Gudang Garam, dan PT Djarum, karena tembakau di Bojonegoro kualitasnya bagus. Sehingga harapannya para petani harus menjaga kualitas dan jangan memetik tembakau yang masih muda," jelasnya.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more