Pedagang Buku Musiman Menjamur

Minggu, 07 Juli 2013, Dibaca : 1586 x Editor : nugroho

totok martono
PERSIAPAN SEKOLAH : Seorang anak melihat buku di salah satu pasar tradisional di Lamongan sebagai persiapan untuk sekolah.


SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan –Memasuki tahun ajaran baru 2012-2013 ini dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk menjual perkakas sekolah. Bahkan sejumlah pedagang di sejumlah pasar tradisonoal di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur beralih menjadi penjual buku musiman.

Mereka memanfaatkan moment ini untuk mengais rezeki. Karena omset penjulan sebagai pedagang buku yang mereka diraup bisa dua kali lipat dibanding manjajakan dagangannya. Buktinya, meski belum waktunya masuk sekolah, para orang tua maupun anak-anak sekolah sudah mulai berburu perkakas sekolah, salah satunya buku tulis.

Baca Lainnya :

    Dari pantauan di beberapa pasar tradisional di Lamongan, sejumlah pedagang buku mulai bermunculan. Mereka berjualan beralaskan tikar di dalam maupun sekitar pasar. Ratusan pak buku disusun rapi.

    Seperti di Pasar Sukodadi terlihat tiga pedagang sedang berjualan buku tulis di depan stand toko. Salah seorang pedagang, Ilham mengaku, sudah seminggu berjualan buku tulis.

    Baca Lainnya :

      “Biasanya saya jualan es campur mas. Tapi karena hujan terus dagangan sepi. Saya kemudian beralih jualan buku tulis, haslnya kok lumayan,” kata Ilham kepada SuaraBanyuurip. Com minggu (7/7/2013)

      Ilham mengaku kulakan buku tulis dari Surabaya dengan cara grosiran. Buku tulis yang dia jual harganya variatif tergantung dari tebal tipisnya halaman buku dan merk.

      “Untuk satu pak buku tulis 38 halaman harganya Rp15 ribu, isinya 10 buku tulis. Yang 58 halaman harganya Rp22ribu,” terang dia.  Rata-rata setiap hari Ilham mengaku bisa menjual 15-20 pak buku tulis.  

      Selain pedagang musiman, beberapa toko kelontong juga memperbanyak stok buku tulis karena banyaknya permintaan. “Buku tulis yang banyak digemari yaitu yang sampulnya kartun Anggry Bird,” kata Iin, pemilik toko Empat Putra di Pasar Babat.

      Para penjual buku tulis memperkirakan menjelang masa liburan sekolah berakhir permintaan buku tulis akan semakin meningkat. (tok)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more