Pekerja Pertamina Lubricants Ikuti Pelatihan Operator Pengujian Pelumas di PPSDM Migas

Jum'at, 14 Januari 2022, Dibaca : 201 x Editor : nugroho

dok.ppsdm migas
TINGKATKAN KOMPETENSI : Pekerja PT Pertamina Lubricants ikuti Operator Pengujian Pelumas di PPSDM Migas.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Dalam memilih pelumas yang tepat perlu memperhatikan jenis kegunaan, kekentalan (fiskositas) dan kualitas dari produk pelumas tersebut. Kekentalan merupakan salah satu unsur kandungan pelumas yang berkaitan dengan ketebalan  pelumas atau seberapa besar resistensinya untuk mengalir. Pelumas harus mengalir ketika temperatur mesin atau temperatur ambient mengalir secara cukup agar terjaminnya pasokan pelumas ke komponen-komponen yang bergerak.

Oleh karena itu Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menyelenggarakan pelatihan Operator Pengujian Pelumas bekerja sama dengan PT Pertamina Lubricants selama 2 (dua) hari yakni dimulai pada hari Senin - Selasa (10-11/1/2022).

Baca Lainnya :

    Selama mengikuti pelatihan tersebut, peserta mendapatkan materi berupa Aplikasi K3LL di Laboratorium, Sistem Mutu Laboratorium, Pengetahuan tentang Pelumas, Metode Uji Sifat Fisik, Pengambilan Contoh Pelumas serta Metode Uji Sifat Kimia.

    Salah satu pengajar sekaligus pimpinan pelatihan, Sahadad, mengungkap bahwa tujuan dari pelatihan tersebut adalah memberikan pemahaman kepada peserta tentang teori praktis dan praktek pengujian minyak bumi di laboratorium.

    Baca Lainnya :

      “Kami berharap setelah mengikuti pelatihan operator pengujian pelumas ini agar para peserta mampu melakukan analisis sifat fisik dan sifat kimia sesuai spesifikasi minyak lumas dan  metode uji standar agar diperoleh data hasil uji yang presisi dan akurat," tutur Sahadad.

      Sahadad menambahkan setelah mengikuti pelatihan tersebut, para peserta juga akan mengikuti ujian sertifikasi Operator Pengujian Pelumas.

      Yuneko Rudi Kaswarto, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa ilmu yang disampaikan sangat menunjang bidang pekerjaannya di lapangan.

      “Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan setelah mengikuti pelatihan tersebut dan materi-materi yang disampaikan oleh pengajar sangat menambah wawasan bagi saya karena banyak ilmu baru yang saya dapatkan,"  tutup Yuneko.(adv/suko)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more