Pelatihan IKM Jangan Hanya Musiman

Rabu, 03 April 2013, Dibaca : 1186 x Editor : teguh

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan - Sebanyak 40 industri kecil, dan menengah (IKM) di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur  mendapat pelatihan selama lima hari (3-7/4/2013) dari Kementerian Perindustrian. Mereka juga bakal mendapat bantuan peralatan untuk menunjang kegiatan produksi agar bisa lebih profesional dalam mengambangkan usahanya.

Pelatihan tersebut diikuti 20 pelaku IKM produksi pangan, dan 20 IKM bidang design busana muslim. Kementerian Perindustrian selama pelatihan menggandeng Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil, Bandung, untuk memberi pelatihan teknik design busana muslim. Sedangkan untuk pelatihan teknis produksi makanan bekerjasama dengan Universitas Pasundan, Bandung.

Selain pelatihan peserta juga akan mendapatkan bantuan peralatan untuk menunjang kegiatan produksi.bantuan peralatan diserahkan langsung direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) wilayah II, Gati Wibawaningsih.

“Bantuan peralatan ini hanya akan kami berikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) atau koperasi. Sehingga peralatan yang kami berikan tidak akan mudah dijual lagi, “ kata dia.

Bupati Fadeli menyebut, industri di Lamongan, termasuk IKM, masih sangat mungkin untuk terus berkembang. Jumlah IKM di Lamongan saat ini mencapai 13.871 unit usaha.

Pelaku IKM mengaku, sangat senang dengan kegiatan pelatihan tersebut. Mereka sangat mengharapkan kegiatan tersebut dapat berkesinambungan. “Bisa dilakukan secara kontinyu. Tidak hanya rhok-rhok asem (tidak menentu) “ kata Achmad Abadi pengusaha camilan asal Desa Plaosan, Babat. (tok)



Tidak ada komentar
Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more