Pemburu Kerang Serbu Pantura Tuban

Kamis, 22 November 2012, Dibaca : 2869 x Editor : teguh

Edy Purnomo
KERANG : Pencari kerang belakangan mendatangi hamparan Pantura Tuban. Air laut yang surut bagai surga untuk pencari kerang.


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Surutnya air laut di sepanjang bantaran pantai utara (Pantura) di Tuban, Jawa Timur beberapa hari ini menjadi berkah tersendiri bagi pencari kerang. Disaat momen seperti ini  mereka mampu mendapatkan penghasilan tambahan melebihi pendapatan utama mereka.

Saat ditanya, pencari kerang yang kebanyakan bekerja serabutan ini mengatakan, dalam sehari bisa mendapatkan uang sekitar Rp75 ribu. Jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dari penghasilan harian mereka yang maksimal hanya mampu mencapai Rp30 ribu.

"Pernah saya dapat uang sampai 75 ribu rupiah, padahal saya mencari tidak sampai sehari penuh," ujar Kamto (30), pencari kerang asal Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (22/11/2012).

Kamto yang kesehariannya sebagai kuli panggul di pasar mengaku, untuk menyiasati harga jual kerang yang dia peroleh semakin tinggi. Dia tidak menjual dengan cara kiloan, tapi kerang tersebut dijual setelah kulitnya dikupas dan masak terlebih dahulu. Kemudian dibungkus untuk dijual secara eceran.

"Kalau mau repot sedikit dengan diolah dulu sebelum dijual, harga kerang bisa naik tiga kali lipat daripada dijual mentah," tambahnya.

Biasanya, kerang hasil olahan ini dijual atau dititipkan ke warung makanan dan minuman yang ada. Kerang ini juga bisa didapat dari pedagang pasar yang menjualnya dalam keadaan belum dibumbui.

Menurut beberapa pencari kerang yang ditemui, pantai Tuban ini sangat potensial dengan keberadaan hewan yang banyak mengandung protein itu. Hal ini karena kondisi perairan yang dangkal disertai dengan pasir yang bercampur lumpur saat air surut. Genangan air yang ada di pasir bercampur lumpur sangat disenangi hewan laut ini untuk berkembang biak.

Para pencari kerang menyerbu beberapa titik pantai saat pagi dan sore hari. Titik yang menjadi sasaran itu diantara lain adalah pantai Gerdu Laut, pantai Bentaran sekitar Terminal Wisata Tuban, pantai Desa Kradenan, Kecamatan Palang, pantai Mangroove center Tuban, dan sepanjang bantaran pantai yang ada di Kecamatan Jenu, Tambak boyo,  dan Kecamatan Bancar. (edp)



Tidak ada komentar
Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more