Penetapan ABPD Blora 2014 Ditarget Selesai Tahun Ini

Jum'at, 13 September 2013, Dibaca : 2379 x Editor : nugroho

SuaraBanyuurip.com - Ali Musthofa

Blora - Kabupaten Blora, Jawa Tengah dipastikan akan mencatat sejarah baru dalam penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Hal itu jika penetapan APBD 2014 yang ditargetkan selesai tahun ini bisa terlaksana.

Untuk merealisasikan target itu, saat ini seluruh anggota DPRD Blora telah berkomitmen untuk segera menuntaskan pembahasan tahapan-tahapan pra-penetapan APBD 2014.

Baca Lainnya :

    Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Blora, Achmad Lukman, menegaskan, target itu masih realistis. Apalagi sesuai hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Blora sebagai representasi keinginan seluruh anggota dewan untuk disahkan lebih awal.

     "Tanggal 10 Desember akhir tahun ini, APBD 2014 dijadwalkan untuk ditetapkan," katanya kepada www.suarabanyuurip.com, Jum'at (13/9/2013).

    Baca Lainnya :

      Kini, lanjut dia, aktivitas pembahasan tahapan sudah dimulai dari memanggil  sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sesuai bidang per komisi. "Itu untuk membahas pengajuan anggaran yang tercantum dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Perhitungan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) RAPBD 2014," imbuh Mbah Lukman, demikian akrab disapa.

      Mbah lukman mengemukakan, selain melakukan pembahasan KUA-PPAS R-APBD 2014 dalam waktu bersamaan juga dilakukan pembahasan KUA-PPAS APBD-Perubahan 2013.

      "Jadi jadwal penetapan APBD-Perubahan september ini dan APBD 2014 desember mendatang bisa terwujud," ungkapnya.

      KUA-PPAS APBD Perubahan 2013 diajukan Pemkab pekan lalu, sedangkan KUA-PPAS RAPBD 2014 telah diserahkan ke DPRD sejak bulan Juni 2013 lalu.

      Bila terget itu terealisasi hal ini akan menjadi sejarah baru di Blora karena selama ini Kabupaten Blora selalu menjadi kabupaten yang paling akhir dalam penetapan APBD-nya setiap tahunnya. Adapun penetapan APBD tercepat terjadi pada bulan Maret pada tahun tahun 2010. Meski banyak kalangan menilai itu hal yang wajar karena pada tahun yang sama akan dilakukan Pemilihan Bupati pada Kamis, 3 Juni 2010.

      Kali ini, motivasi terbesar bagi anggota legislatif untuk segera mengesahkan APBD 2014 dikarenakan pada tanggal 9 April 2014 akan digelar Pemilihan Legislatif (Pileg). Maka tidak heran bila target akhir tahun ini ditetapkan akan menjadi kenyataan.(ali)


Show more