Penguasaan Wilayah dan Konstruksi Komunikasi

Senin, 25 April 2022, Dibaca : 1668 x Editor : nugroho

Suarabanyuurip.com/tbu
Bagi Agung Supriyanto SH, bagusnya komunikasi dan silaturahmi menentukan keberhasilan program.


Kebijakan politik bisa dianggap tepat sasaran, manakala melalui pengkajian dan penguasaan wilayah berikut problematikanya.  Hal itu bisa dilakukan jika sistem komunikasi yang dibangun pelakon politik strategis, dan terukur di daerah garapannya.

Itu diantara benang merah yang bisa ditarik dari obrolan dengan Anggota DPRD Jatim, Agung Supriyanto SH. Sebagai politisi berpengalaman ia cukup mafhum terhadap konsep itu. 

Perspektif komunikasi politik, menurut pria kelahiran Tuban itu, tak sekadar berdialog tanpa arah. Lebih dari itu dibutuhkan saling menghargai agar tidak melahirkan persepsi tak seiring yang berkepanjangan. 

Baca Lainnya :

    “Kuncinya memang di komunikasi, dan silaturahmi bersama lintas profesi dan sektoral,” papar Agung saat helat Silaturahmi dan Ngopi Bersama Jurnalis dari wilayah Kabupaten Tuban dan Bojonegoro di Cafe dan Resto Raka Roja di kawasan Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, Jatim.

    Tanpa disadari oleh pelakunya sebenarnya wilayah komunikasi adalah milik Jurnalis. Politisi terbantu oleh sistem komunikasi yang menjadi style jurnalism. Oleh karenanya adalah wajar jika para pegiat politik bermualisme secara sehat dengan jurnalis. Terlebih karena Jurnalis dituntut oleh profesinya untuk menguasai perbagai masalah dari tulisannya. 

    Baca Lainnya :

      “Tak berbeda dengan kami, penguasaan wilayah bersama pernik-pernik di dalamnya juga menjadi kunci dalam berkomunikasi politisi,” ungkap Anggota Bamus DPRD Jatim itu. 

      Legislator yang menempati Komisi C (Keuangan) ini, memang bukan orang lain di wilayah Kabupaten Tuban dan sekitarnya. Bapak dua putra yang lahir pada tahun 1971 ini sempat beberapa periode di DPRD Tuban, sebelum pada Pemilu Legislatif 2019 terpilih sebagai Anggota FPAN DPRD Jatim. 

      “Saya akui untuk wilayah Bojonegoro yang belum selesai, oleh karenanya hampir seminggu dua kali silaturahmi kesana,” papar mantan Ketua Komisi A DPRD Tuban tersebut. 

      Lelaki murah senyum ini matang bidang pemerintahan. Selama memegang Komisi A (Pemerintahan) di Tuban, mantan Jurnalis dan aktifis ini sangat kritis. Oleh karena itu pada sisi komunikasi dengan pejabat Eselon II di lingkungan Pemprov Jatim, mantan Ketua DPD PAN Tuban ini tak perlu lagi diragukan. 

      “Dan teman-teman wartawan banyak membantu informasi melalui silaturahmi," pungkas Agung Supriyanto. (tbu) 


Show more