Penyaluran BLT DD Tunggu Pencairan Dana Desa Tahap Satu

Jum'at, 26 Februari 2021, Dibaca : 731 x Editor : nugroho

dok/sbu
TUNGGU PENCAIRAN : Warga Sudu, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro saat pencairan BLT DD tahun 2020 kemarin.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) diperpanjang hingga Desember 2021. Namun, penyaluran bantuan dari desa itu harus menunggu pencairan DD tahap satu rampung.

Tenaga Ahli (TA) P3MD di DPMD atau PIC BLT DD Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, M. Fathur Rochman mengatakan, untuk penyaluran BLT DD harus menunggu pencairan DD pada tahap satu. Sebab, peraturan bupati (perbub) tentang pencairan dana desa belum disahkan.

Baca Lainnya :

    "Pencairan DD tahap satu masih menunggu pengesahan perbub DD. Namun, informasinya kemarin sudah disahkan oleh Bupati," katanya, Kamis (25/2/2021).

    Dia mengatakan, setelah pengesahan Perbub semua desa sudah bisa mengajukan proposal pencairan hingga tiga tahap. Yakni, pada tahap satu 40 persen tahap dua 40 persen, dan tahap tiga 20 persen untuk desa di luar Desa Mandiri.

    Baca Lainnya :

      Sedangkan, untuk desa mandiri pengajuannya berbeda. Yakni, ada dua tahap untuk pengajuan permin tahap satu 60 persen dan tahap dua 40 persen. Namun, saat ini masih pengajuan DD tahap satu yang nantinya digunakan untuk pencairan BLT DD.

      "Ketentuan BLT DD pada tahap satu nanti akan disisihkan untuk pencairan BLT DD selam 5 bulan. ketentuan itu berdasarkan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK)," kata Fatthur.

      Dia menjelaskan, sesuai PMK dana desa tahap satu untuk BLT DD 5 bulan, dana desa tahap dua untuk BLT DD 5 bulan, dan dana desa tahap tiga untuk BLT DD 2 bulan. Jadi alokasi untuk BLT DD akan disisihkan oleh KPPN dan akan ditransfer ke desa setelah dikurangi alokasi BLT DD.

      "Yang untuk tahap satu tadi akan disisihkan lima bulan di KPPN. Dan akan ditransfer ke rekening desa perbulan sesuai jadwal penyaluran BLT DD dari desa," katanya.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more