Perempuan Bonorejo Berlatih Kerajinan Rajut

Jum'at, 26 Juni 2020, Dibaca : 193 x Editor : nugroho


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Sebanyak 24 orang yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga dari Desa Bonorejo,  Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengikuti pelatihan merajut yang difasilitasi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Barokah Bonorejo di Balai Desa setempat, Jumat (26/6/2020).

"Kami berharap pelatihan ini menjadi berkah tersendiri bagi mereka," kata Kades Bonorejo, Rachmad Aksan di sela-sela pelatihan. 

Baca Lainnya :

    Menurutnya, hasil rajutan yang tergabung pada kelompok Rajut Bonorejo tidak perlu diragukan lagi kwalitasnya karena sudah memiliki pangsa pasar. 

    "Semua hasil karya ada yang membeli, ada yang dari Jogjakarta, ada dari wilayah Bojonegoro sediri, juga ExxonMobil Cepu Limited," imbuh Aksan, sapaan akrabnya. 

    Baca Lainnya :

      Kades ring satu Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok  Cepu, itu berharap pelatihan yang dilaksanakan memberikan manfaat bagi para anggota yang kebanyakan adalah ibu-ibu rumah tangga. Yakni bisa menambah pendapatan keluarga dari hasil penjualan rajut. 

      "Yang penting telaten dan sabar," lanjutnya. 

      Sementara itu, Sekretaris BUMDes Barokah Bonorejo, Joko Susilo, mengungkapkan, saat ini anggota komunitas Rajut Bonorejo mencapai 50 orang. 

      Awalnya, komunitas ini terbentuk setelah adanya pelatihan dari Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3S) Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, EMCL, dua tahun lalu.

      "Kemudian setelah mahir semua membuat komunitas dan menajdi trainer bagi warga lainnya," tegasnya.

      Dalam melaksanakan kegiatan ini, BUMDes disupport oleh Pemdes Bonorejo melalui Dana Desa (DD) sebesar Rp50 juta. 

      "Ada anggaran untuk unit yang dikelola BUMDes salah satunya komunitas Rajut," tegasnya. 

      Joksus, panggilan akrabnya, berharap warga yang lain bisa ikut serta dalam komunitas Rajut Bonorejo sehingga bisa mengasah kreativitas dan meningkatkan pendapatan keluarga.(rien)





      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more