Perpusdes Lentera Desa Begadon Juara Harapan Tiga se-Jatim

Selasa, 12 Oktober 2021, Dibaca : 325 x Editor : nugroho

Joko Kuncoro
MEMBANGGAKAN : Pengurus Perpudes Lentera Desa Begadon meraih Juara Harapan III Jatim di lomba Perpustakaan dan Kepustakawanan.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Perpustakaan Desa (Perpusdes) Lentera Desa Begadon, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro meraih juara harapan tiga se Jawa Timur. Prestasi ini diperoleh perpusdes sekitar Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu - Perpusdes Lentera - dalam lomba perpustakaan dan kepustakawanan memperingati Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur.

Kepala Perpusdes Lentera Desa Begadon Rofiah Nur Aidah mengatakan, lomba perpustakaan dan kepustakawanan ini diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Jawa Timur. Lomba ini diikuti oleh 36 kabupaten dan kota se Jawa Timur kemudian diambil 6 besar perpusdes terbaik.

Baca Lainnya :

    "Tentu, mengikuti lomba tingkat provinsi ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk mendapat juara," jelasnya, Selasa (12/10/2021).

    Perpusdes Lentera Desa Begadon, kata dia, sebelum mengikuti lomba mempersiapkan administrasi pelayanan, pengeloaan perpusdes, sarana prasarana serta kegiatan inklusi sosial yang melibatkan masyarakat. Yakni meliputi peternak lele, pembuat rengginang singkong, perajut yang berawal dati membaca buku.

    Baca Lainnya :

      Setelah melakukan persiapan untuk mengikuti lomba Perpusdes Lentera Desa Begadon akhirnya bisa mendapatkan juara harapan tiga lomba perpustakaan dan kepustakawanan se Jawa Timur. Dan penerimaan penghargaan diberikan pada Senin (11/10/2021) kemarin di Gedung Grahadi lantai 2 Perpusip Jawa Timur.

      "Dan ini sesuai dengan motto Perpusdes Lentera yakni literasi untuk kesejahteraan. Dan perpusdes lebih menekankan pada inklusi sosial atau manfaat positif dari keberadaan perpusdes di suatu wilayah," katanya.

      Hingga kini, ia melanjutkan, Perpusdes Lentera Desa Begadon memiliki sekitar 2.500 buku terklasifikasi dalam jenis buku referensi fiksi dan non fiksi.

      Selain itu, untuk kedepan perpusdes di Desa Begadon ini bisa  memberrikan pelayanan dan kemanfaatan terhadap masyarakat luas. Juga, menumbuhkan minat baca serta memberikan dampak positif terutama inklusi sosialnya.

      "Dan bisa menunjang peningkatan ekonomi dan kesejahteraan untuk masyarakat," tambahnya.

      Untuk diketahui, Desa Begadon tahun 2021 memperoleh program aksi kemitraan untuk pemberdayaan masyarakat (Patra Daya) pembangunan infrastruktur berupa Gedung Perpusatakaan dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more