Pertamina EP Asset 4 Siap Bantu Tangani Semburan Rawa Kesongo

Kamis, 27 Agustus 2020, Dibaca : 590 x Editor : nugroho

Ahmad Sampurno
JADI TONTONAN WARGA : Pertamina Asset 4 Field Cepu siap membantu menangani letusan Rawa Kesongo.


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pertamina EP Asset 4 Field Cepu menyatakan kesiapannya membantu pemerintah dalam menangani semburan lumpur bercampur gas di Rawa Kesongo, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Tim dari Pertamina sekarang ini juga sudah brada di lokasi semburan untuk melakukan pemantauan.

Baca Lainnya :

    "Secara lokasi jauh dari fasilitas produksi atau kegiatan sumur Pertamina EP," kata CSR Staff Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Kautsar Restu Yuda, Kamis (27/8/2020).

    Meski begitu, pihaknya belum menerima laporan dari tim produksi yang saat ini berada di lapangan.

    Baca Lainnya :

      "Kami belum tahu pasti penyebab semburan. Jika ada arahan dari pemerintah setempat supaya ikut menangani, kami siap. Tentu saja sesuai kompetensi kami," tegasnya.

      Semburan lumpur panas disertai letusan di Rawa Kesongo sempat membikin heboh warga sekitar. Letusan dan semburan cukup besar terjadi dua kali, Kamis 27/8/2020) sekira pukul 05.30 pagi dan pukul 13.30 WIB. 

      Lokasi tersebut berada di kawasan Kesatuan Pemangku Hutan atau KPH Randublatung terletak di Petak 141 RPH Padas BKPH Trembes. 

      Kepala BP3 ESDM Jawa Tengah Wilayah Kendeng Selatan, Budi Setyawan, menjelaskan, kejadian letupan atau erupsi memuntahkan material lumpur. Menurutnya letusan tersebut merupakan kejadian alami bukan karena dampak dari aktifitas manusia. 

      "Sejauh ini menurut info dari warga, dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa," kata dia.  

      Namun ada dua warga yang keracunan karena dampak gas. Dengan gejala pusing dan mual. Selain itu sekitar 17 ekor kerbau tertimbun lumpur.(ams)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more