Pertamina Masuk dalam Daftar Fortune Global 500

Selasa, 03 Agustus 2021, Dibaca : 402 x Editor : nugroho

Ist/KESDM.
Pertamina Masuk dalam Daftar Fortune Global 500.


SuaraBanyuurip.com -  d suko nugroho

Jakarta - Kerja keras PT Pertamina (Persero) membuahkan hasil. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) minyak dan gas bumi (migas) ini mencatatkan namanya sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2021. Raihan ini menjadi bukti bahwa seluruh stakeholder bahu-membahu dan mendorong Pertamina dapat sejajar dengan perusahaan terbaik dunia.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi mengungkapkan di samping berhasil memenuhi tugas dan amanah memastikan ketersediaan energi di dalam negeri, Pertamina juga mampu menunjukkan kualitasnya sebagai BUMN migas kebanggaan nasional.

Baca Lainnya :

    "Di tengah situasi pandemi Covid-19, tantangan yang dihadapi sektor energi, khususnya industri migas tidaklah mudah. Raihan ini menunjukkan bahwa Pertamina telah berhasil menciptakan lingkungan kerja yang inovatif dan adaptif," kata Agung melalui keterangan tertulisnya, Selasa (3/8/2021).

    Agung menyampaikan ke depan Pemerintah memiliki target-target khusus di sektor migas, di antaranya target produksi migas Indonesia ditahun 2030 mencapai 1 juta barrel minyak bumi perhari dan 12.000 mmscfd gas bumi perhari. Demikian juga dengan peningkatan kapasitas kilang minyak.

    Baca Lainnya :

      "Sebagaimana pesan Bapak Menteri ESDM Arifin Tasrif, perlu upaya luar biasa oleh seluruh pelaku industri hulu migas dalam rangka pencapaian program tersebut, tak terkecuali Pertamina. Begitu pula dengan tingkat produksi migas nasional, Bapak Menteri ESDM memberi amanat khusus agar alih kelola Wilayah Kerja Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berjalan dengan baik, tingkat produksi minyak di blok ini juga tetap terjaga," jelas Agung.

      Sebagaimana diketahui, Pertamina menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar Fortune Global 500. Dengan nilai revenue perusahaan sebesar US$ 41,47 Miliar pada tahun buku 2020, Pertamina berada di posisi 287.

      Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menyampaikan terimakasih kepada seluruh stakeholder atas capaian ini. Menurutnya, prestasi Pertamina ini tidak lepas dari dukungan positif berbagai pihak, baik Direksi, Dewan Komisaris dan seluruh pekerja Pertamina Group, serta pemegang saham, pemerintah, masyarakat dan juga stakeholder lainnya.

      "Prestasi ini juga merupakan pengakuan dunia internasional bahwa Pertamina sejajar dengan world class company lainnya," ujar Nicke sebagaimana dikutip dari laman situs Pertamina.

      Nicke mengatakan dalam tantangan pandemi sejak tahun lalu, Pertamina mengalami triple shock sehingga mengalami penurunan pendapatan secara signifikan. Namun dengan inovasi dan terobosan bisnis yang dilakukan di seluruh lini bisnis serta transformasi organisasi yang tengah dijalankan, Pertamina mampu meningkatkan pendapatan perusahaan hingga US$ 41,47 Milyar dan mencetak laba US$ 1,05 Miliar pada tahun 2020.

      Sebagai BUMN, Pertamina juga konsisten memastikan penyediaan energi untuk negeri melalui berbagai program, diantaranya BBM Satu Harga, Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan dan Petani, pembangunan Jaringan Transmisi & Distribusi Gas Bumi, serta Infrastruktur Hilir lainnya.

      Dengan ekosistem energi dari hulu ke hilir, Pertamina menjaga keberlangsungan hidup 1,2 Juta tenaga kerja langsung, serta multiplier effect terhadap sekitar 20 juta tenaga kerja secara tidak langsung.

      Pemeringkatan Fortune Global 500 adalah ajang tahunan yang dilakukan majalah Fortune sejak tahun 1955. Tolok ukur utamanya adalah besaran pendapatan termasuk pendapatan anak perusahaan (consolidated gross revenue). Indikator lain adalah penyertaan modal pemegang saham, kapitalisasi pasar, keuntungan, jumlah karyawan, dan sejak tahun 1990 indikator negara asal perusahaan juga dipertimbangkan dalam Fortune Global 500.(suko)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more