Petani Blok Cepu Pilih Tanam Palawija

Minggu, 13 April 2014, Dibaca : 1821 x Editor : nugraha

SuaraBanyuurip.com/Samian
PALAWIJA : Petani sekitar ladang minyak Banyuurip di Kecamatan Gayam lebih memilih tanam palawija.


SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Petani sekitar ladang migas Banyuurip, Blok Cepu pada tanam kedua tahun ini tak semuanya menanam padi. Namun ada yang lebih memilih menanam Palawija.

Alasannya karena banyak serangan hama, juga tak menentunya curah hujan.

Baca Lainnya :

    "Saya memilih tanam jagung dan kedelai saja, Pak. Ketimbang padi di musim tanam ke dua ini. Karena, pengalaman yang sudah-sudah tanam padi kedua itu biasanya banyak serangan hamanya," kata Suyati warga Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, kepada suarabanyuurip.com, Minggu (13/04/2014).

    Dia menjelaskan, tanaman palawija lebih memilih jagung dan kedelai. Karena, selain tahan disaat musim kemarau juga tahan dengan curah hujan yang tidak menentu.

    Baca Lainnya :

      "Saya lebih memilih tanam jagung dan kedelai, Pak. Karena, tahan dengan cuaca yang tidak menentu. Lagi pula, rawatannya tidak terlalu mengeluarkan modal banyak juga lebih mudah ketimbang padi," jelasnya.

      "Alhamdulillah, kondisi tanaman jagung dan kedelai saya berusia dua bulan lebih ini cukup baik. Tetapi pemantauan untuk penyemprotan dan lain sebagainya tetap saya lakukan agar tidak terserang hama," imbuhnya menerangkan. (sam)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more