Petani Hutan Desa Growok Dirikan LMDH Jati Lestari

Senin, 05 April 2021, Dibaca : 442 x Editor : samian

Arifin Jauhari
SOSIALISASI : Petani hutan Desa Growok antusias mengikuti sosialisasi dan pendirian LMDH Jati Lestari.


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Sejumlah petani Desa Growok, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang menggarap lahan hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Dander, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Dander, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, telah mendirikan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jati Lestari, Senin (05/04/2021).

LMDH Jati Lestari ini didirikan guna mewadahi para petani penggarap lahan hutan agar bisa terkoordinir dengan baik, dan untuk membantu peningkatan perekonomian mereka demi kesejahteraan hidup petani pinggiran hutan.

Baca Lainnya :

    Sekretaris LMDH Jati Lestari Desa Growok, Wiyatno menuturkan, kegiatan tersebut digelar di petak 77 Gunung Manuk KRPH Dander. Dengan agenda sosialisasi dari Kepala KRPH Dander kepada para pesanggem (petani hutan) dan pendataan Kartu Tanda Anggota (KTA).

    "Diharapkan berdirinya LMDH Jati Lestari ini bisa menjadi wadah untuk pesanggem dan membantu meningkatakan kesejahteraan petani khususnya sekitar hutan," tutur Wiyatno, kepada SuaraBanyuurip.com, usai kegiatan.

    Baca Lainnya :

      Dijelaskan, bentuknya wadah untuk para pesanggem itu juga sebagai lembaga mitra Perhutani dalam pengawasan dan pengelolaan tanah hutan.

      "LMDH juga berkomitmen menjadi media penyalur aspirasi yang ingin diwujudkan pesanggem," kata pria alumnus Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Bojonegoro ini.

      Salah satu aspirasi yang disampaikan, lanjut Wiyatno, LMDH supaya bisa membantu para petani hutan mendapatkan bantuan benih jagung, dan sekaligus membantu pemasarannya.

      "Alhamdulillah pendirian LMDH ini disambut antusias, terbukti dihadiri 100 petani hutan. Dan sekaligus untuk pendataan anggota," ungkapnya.

      Dikonfirmasi terpisah, Kepala RPH Dander, Agus Supriyanto membenarkan, bahwa LMDH Jati Lestari saat ini telah resmi berdiri. Dimana para pesanggem dari Desa Growok sebelumnya tergabung jadi satu dengan LMDH Wana Tirta Dander.

      "Karena Desa Growok belum punya LMDH sendiri, kami memotivasi dan mengimbau agar mendirikan LMDH sendiri. Alhamdulillah disambut antusias dan kami diundang untuk sosialisasi," kata pria asli Padangan ini.

      Agus menjelaskan, adanya LMDH akan bisa membantu memberi solusi yang terbaik untuk para anggotanya dalam bermitra dengan Perhutani. Dicontohkan, misalkan di desa setempat ada pengrajin, bisa dibantu dengan jalan mempermudah mencarikan bahan di Tempat Penimbunan Kayu (TPK).

      Kemudian jika dalam bidang pertanian, maka bisa dibantu dicarikan solusi untuk pupuk, karena di lahan hutan pupuknya non subsidi. Sehingga perlu dicarikan solusi yang harganya lebih murah.

      "Jadi secara umum dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan," tandasnya.(fin)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more