PK IMM AD Selenggarakan Follow Up DAD di Desa Katur

Minggu, 19 Desember 2021, Dibaca : 390 x Editor : samian

Arifin Jauhari
PK IMM AD Selenggarakan Follow Up DAD di Desa Katur, Kecamatan Gayam.


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Bojonegoro menyelenggarakan kegiatan Follow Up (Tindak Lanjut) Darul Arqam Dasar (DAD) tahun 2021, di Desa Katur Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur,  Sabtu (18/12/2021) kemarin sampai dengan Minggu (19/12/2021).

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bojonegoro, LAZISMU Bojonegoro, Pimpinan Daerah Asiyiyah (PDA) Bojonegoro, Ketua STIT Muhammadiyah Bojonegoro, Forum Komunikasi Alumni (Fokal) IMM Bojonegoro, dan beberapa pihak lainnya. Dihadiri pula oleh Kepala Desa Katur, Ketua PCM Gayam, Karang taruna, IPNU, IPPNU serta tokoh masyarakat setempat.

Baca Lainnya :

    Dalam sambutannya Ketua PK IMM Ahmad Dahlan, Miftakhur Rizki Ramadhan menyampaikan, DAD kali ini mengusung tema "Menumbuhkan jiwa kepemimpinan mahasiswa yang bertanggung jawab serta berpegang teguh pada Tri Kompetensi Dasar."

    Dijelaskan, Gerakan IMM didasarkan pada tiga aspek yang sering disebut dengan Tri Kompetensi Dasar yang meliputi tiga aspek yaitu Religiusitas (Kecerdasar beragama Islam), intelektualitas (kecerdasan Intelektual atau nalar berfikir), dan Humanitas (Pengabdian Kepada Masyarakat).

    Baca Lainnya :

      Rizki menekankan bahwa untuk menjadi kader militan itu butuh proses yang panjang, kesabaran, ketekunan menempa diri, dan menghilangkan keraguan. Karena menjadi kader Muhammadiyah memang merupakan hal yang berat.

      "Jika ragu dan bimbang lebih baik pulang saja," ucapnya mengutip pernyataan Jenderal Besar Soedirman.

      Diharapkan IMM dapat bergerak serta memberikan kontribusi tidak hanya untuk kader-kadernya, namun juga untuk masyarakat secara luas.

      "Meskipun dimasa pandemi Covid 19," tandas Rizki.

      Sementara Kepala Desa Katur, Sukono mengaku sangat mendukung dan berterimakasih atas kegiatan tersebut. Karena IMM Komisariat Ahmad Dahlan telah memberikan sesuatu yang sangat bermanfaat untuk warga desanya.

      "Semoga kegiatan-kegiatan serupa akan terus dilaksanakan dan kami selaku Pemdes Katur siap bekerjasama dengan adik-adik IMM," harap Sukono.

      Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan Follow Up DAD, Ahmad menyampaikan harapan, melalui IMM pihaknya bisa aktif bergerak untuk membina diri baik di kampus maupun masyarakat.

      "Kami adalah kader-kader baru yang masih memerlukan pendampingan dan binaan dari para senior dan Fokal IMM serta berbagai pihak, semoga kami dapat mengamalkan jargon IMM yaitu "Anggun Dalam Moral, Unggul Dalam Intelektual," ucapnya.

      Setelah agenda pembukaan follow up di Balai Desa Katur, sejumlah agenda dilanjutkan, yakni kegiatan Abdi Guru, mengadakan lomba Tahfidzul Quran untuk santri TPA, Talk show tentang Kepemimpinan Generasi Muda, Diskusi Problematika Organisasi Kemahasiswaan IMM dan Kemasyarakatan, pelatihan pembuatan deterjen cair dengan peserta ibu-ibu PKK Desa Katur.

      Sebagai puncak kegiatan follow up DAD PK IMM Ahmad Dahlan STIT Muhammadiyah Bojonegoro berupa pentasyarufan bantuan sosial berupa sembako sebanyak 70 paket kepada masyarakat yang kurang mampu bekerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Katur dan Lazismu Bojonegoro.(fin)


Show more