PPSDM Migas Adakan Pelatihan Gas Pipeline Hydraulics

Selasa, 12 Oktober 2021, Dibaca : 197 x Editor : nugroho

Ist/ppsdm migas
TINGKATKAN SDM : PPSDM Migas menggelar pelatihan Gas Pipeline Hydraulics untuk meningkatkan SDM.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Trend pemanfaatan gas bumi di Indonesia makin meningkat terlebih misi improvement gas bumi pada Ketahanan Energi Nasional tahun 2003 menyebutkan bahwa penggunaan gas bumi harus seimbang antara kebutuhan domestik dan impor. Selain itu pemerintah juga meminta untuk memprioritaskan penggunaan gas bumi yang mempunyak efek ganda untuk masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui bahwa potensi gas Indonesia sangat besar. Target bauran energi pada tahun 2025 adalah batubara sebesar 33%, gas sebanyak 30%, minyak bumi sebesar 20%, serta energi terbarukan sejumlah 17%.

Baca Lainnya :

    Adanya perubahan paradigma dari dominasi minyak ke gas dengan semakin berkurangnya sumber dan produksi minyak bumi serta ditemukannya cadangan gas bumi yang besar, hal inilah yang menjadikan PPSDM Migas sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berfokus pada sub sektor minyak dan gas bumi menyelenggarakan pelatihan yang berjudul Gas Pipeline Hydraulics.

    Arlucky Novandi, pengajar pada pelatihan ini menyatakan pentingnya para pengajar dari PPSDM Migas untuk mengikuti pelatihan ini.

    Baca Lainnya :

      “PPSDM Migas mengadakan pelatihan tentang Gas Pipeline Hydraulics ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan ASN (Aparatur Sipil Negara) tentang gas khususnya agar mereka mampu melakukan evaluasi profil gas yang mengalir di pipa kepada widyasiwara maupun instruktur di PPSDM Migas,” ungkapnya, Selas (12/10/2021).

      Pelatihan yang dimulai pada Senin (11/10/21) kemarin, menurut Arlucky akan banyak membahas dan berdiskusi tentang properties dari gas yang mengalir di pipa, penggunaan beberapa persamaan gas yang mengalir di pipa, persamaan Line Pack untuk menghitung volume gas statis di pipa, menentukan besaran tekanan yang diperlukan untuk mendistribusikan gas di pipa, menentukan tekanan gas yang diperlukan bila terdapat banyak percabangan berbentuk seperti looping, menentukan besaran temperature di gas pada titik tertentu di pipa, dan menentukan besaran nilai keekonomian dari pipa gas.

      “Pelatihan selama tiga hari ini menyasar untuk level supervisor sehingga sasaran akhirnya adalah tersedianya ASN yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan memadai dalam kegiatan mengevaluasi profile gas di pipa. Pelatihan ini terdiri dari 24 jam pelajaran dengan menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.(Adv/suko)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more