PPSDM Migas Beri Pelatihan ASN KESDM tentang Basic Drilling and Completion

Rabu, 19 Januari 2022, Dibaca : 383 x Editor : nugroho

dok.ppsdm migas
ANTUSIAS : ASN KESDM saat mengikuti pelatihan Basic Drilling and Completion di PPSDM Migas.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menyelenggarakan pelatihan Basic Drilling and Completion. Pelatihan ini diikuti oleh ASN Kementerian ESDM dan diselenggarakan selama 5 (lima) hari, yakni dimulai pada hari Senin, tanggal 17 Januari 2022 sampai dengan tanggal 21 Januari 2022.

Pelatihan ini digelar karena didasari pemikiran bahwa dalam proses operasi produksi minyak dan gas bumi, banyak sekali konsep dan terminologi dasar yang digunakan untuk mendukung proses tersebut. Namun, konsep dan terminologini tidak sepenuhnya dapat dipahami oleh mereka yang terlibat dalam proses tersebut.

Baca Lainnya :

    Dalam pelatihan PPSDM selama 5 (lima) hari ini peserta mendapatkan materi berupa, Drilling Operation, Directional and Horizontal Drilling, Geo Mechanic, Well Control Technique, Well Control Equipment, Drilling Fluid and Completion Fluid, Drilling and Well Kick Simulation.

    Asep Mohamad Ishaq Shiddiq, salah satu pengajar dalam pelatihan tersebut menyampaikan salah satu materi yang diberikan pada pelatihan Basic Drilling and Completion, yaitu Geomekanika dan Pengeboran.

    Baca Lainnya :

      “Dalam pelatihan tersebut, saya menyampaikan materi berupa Geomekanika dan Pengeboran berarah, intisari dari materi Geomekanika adalah prediksi tekanan pori, prediksi minimum horizontal stress, prediksi maksimum horizontal stress, prediksi collapse pressure, validasi hasil prediksi, pemodelan geomekanika, serta intisari dari materi Pengeboran berarah adalah tipe pemboran berarah, desain pemboran berarah, monitoring pemboran berarah dengan survei,” kata Asep ketika dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (19/01/2022).

      Sementara itu Fanny Dimasruhin, salah satu peserta pelatihan tersebut mengungkapkan bahwa materi yang disampaikan oleh pengajar sangat menunjang bidang pekerjaannya ia di lapangan.

      “Materi yang disampaikan oleh pengajar sangat menunjang bidang pekerjaan saya di lapangan, dan menambah wawasan serta pengalam saya dalam bidang tersebut, Materi yang saya dapatkan antara lain adalah Hazard dan potensi kecelakaan di pengeboran,” tutup Fanny.(adv/suko)


Show more