PPSDM Migas dan ConocoPhillips Gelar Pelatihan Operator Overhead Crane

Rabu, 09 Juni 2021, Dibaca : 283 x Editor : nugroho

Ist/ppsdm migas
PPSDM Migas dan ConocoPhillips gelar pelatihan Operator Overhead Crane secara virtual.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - PPSDM Migas menyelenggarakan pelatihan Operator Overhead Crane dan diikuti pekerja dari ConocoPhillips (Grissik) Ltd. Pelatihan ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari mulai Senin (7/6/2021) sampai Selasa (8/6/2021)

Selama pelatihan ini, para peserta mendapatkan materi berupa Dasar Rigging dan Pengelolaan Beban, Petunjuk Operasi dan Keselamatan Operasi Overhead Crane, Jenis/type dan Komponen Utama Overhead Crane, Peralatan Bantu Angkat dan Pengikatan Beban, Simbol Komunikasi dan Material Handling, K3 Industri Migas.

Baca Lainnya :

    Overhead Crane atau sering juga disebut bridge crane (jembatan crane) selama ini banyak dipergunakan dalam dunia industri. Alat ini merupakan alat bantu angkat untuk mengangkat benda berat yang tidak mungkin diangkat oleh manusia secara manual.

    Overhead crane tersusun dari dua komponen utama yaitu mekanisme pengangkat dan juga rangka yang dipergunakan untuk mengangkat dan memindahkan beban yang digantungkan/dikaitkan pada crane tersebut.

    Baca Lainnya :

      Fungsi utama alat ini adalah mengangkat dan memindahkan beban berat dari satu tempat ke tempat lain. Jarak perpindahan barang yang dipindahkan memang terbatas atau jarak pendek namun penggunaan peralatan ini sangat efektif karena dapat bergerak maju-mundur (long travel) dan kiri-kanan (traversing travel). Umumnya overhead crane dipergunakan dalam ruangan seperti pabrik, namun tidak menutup kemungkinan alat ini dipergunakan di luar ruangan.

      Seseorang yang bekerja pada lingkungan industri migas dan juga terkhusus bongkar muat di pelabuhan, perbengkelan maupun pergudangan pasti sudah tidak asing dengan aneka jenis crane. Crane tidak hanya menjadi alat berat yang membantu memindahkan barang dari satu titik ke titik yang lain, namun juga membantu mengefisiensi pekerjaan dan waktu. Ada salah satu jenis crane yang sudah akrab dalam bidang industri yaitu overhead crane atau derek. Overhead crane terdiri dari sebuah landasan pacu paralel dengan sebuah jembatan yang mencakup reformasi.

      Dheny Prima Kurniawan salah satu pengajar dalam pelatihan tersebut menjelaskan tujuan dari pelatihan ini adalah diharapkan para peserta setelah mengikuti pelatihan ini bisa menjadi operator Overhead Crane yang profesional dan mumpuni sesuai kompetensinya.

      “Dengan diselenggarakan pelatihan ini diharapkan para peserta dapat menjadi operator Overhead Crane yang handal dalam mengoperasikan, dengan demikian akan dihasilkan SDM yang handal untuk mengelola kekayaan SDA secara professional serta melalui penyiapan SDM yang memiliki kualifikasi dan kompetensi terstandar maka bangsa Indonesia akan survive dalam menghadapi era kompetisi dan perdagangan bebas,” pungkas Dheny ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Selasa (08/06/2021).

      Sejalan dengan itu Herieza Rochima, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa pelatihan ini secara teoritis dan praktis sangat bermanfaat menunjang pekerjaannya dalam mengoperasikan Overhead Crane dengan aman dan sesuai prosedur.

      “Ilmu terkait overhead crane ini berhubungan dengan sebagian tugas kerja saya, dimana kebutuhan kerja di lapangan maupun di workshop memerlukan operasional overhead crane dan sertifikasi dari PPSDM Migas juga memberikan aspek legalitas kepada saya dalam pekerjaan tersebut,” ujar Herieza.(adv/suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more