PPSDM Migas dan Medco Ukur Kompetensi Supervisor Perawatan Mekanik

Selasa, 12 Oktober 2021, Dibaca : 157 x Editor : nugroho

Ist/ppsdm migas
TINGKATKAN KOMPETENSI : Supervisor Medco ikuti pelatihan dan sertifikasi Supervisor Perawatan Mekanik di PPSDM Migas.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Perawatan atau maintenance merupakan serangkaian kebijakan yang diperlukan untuk mempertahankan atau mengembalikan suatu barang dalam keadaan operasional yang efektif. Apalagi di sektor industri minyak dan gas bumi, dengan teknologi canggih yang digunakan untuk proses eksplorasi dan ekploitasi tentunya membutuhkan proses perawatan yang akurat sehingga penggunaan peralatan menjadi semakin efektif dan efisien.

Medco E&P Indonesia serius dan konsen mengenai proses maintenance sehingga mengirimkan para supervisornya untuk mengikuti pelatihan Supervisor Perawatan Mekanik di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas). Pelatihan iniakan diakhiri dengan program sertifikasi di LSP PPSDM Migas.

Baca Lainnya :

    Ikhsan Kholis, widyaiswara pengajar pada pelatihan ini mengungkapkan bahwa pelatihan ditujukan untuk memelihara pengetahuan para supervisor tentang perawatan mekanik.

    “Pada pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini, peserta pelatihan akan mendapatkan materi tentang Maintenance Rotating Equipment, Maintenance Static Equipment serta prakteknya. Karena mereka akan melaksanakan pemeliharaan atau perawatan peralatan Mekanik yang meliputi peralatan putar dan statik pada kegiatan industry migas,” jelasnya.

    Baca Lainnya :

      Sedangkan untuk program sertifikasi Perawatan Mekanik, ia menambahkan peserta akan diukur kompetensinya di bidang perawatan mekanik sesuai dengan aturan yang ada.

      “Program sertifikasi ini bertujuan untuk mengukur kompetensi pekerja dibidang perawatan mekanik sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 127 Tahun 2018 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Perawatan Mekanik yang meliputi kompetensi penyiapan dan penggunaan peralatan kerja dan peralatan bantu, perencanaan pemeliharaan peralatan mekanik, perbaikan dan analisis kinerja peralatan mekanik serta evaluasi sistem perbaikan dan evaluasi hasil kegiatan pemeliharaan peralatan mekanik,” tutupnya.(adv/suko)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more