Puskesmas Kapas Gelar Vaksinasi Keliling bagi Lansia

Selasa, 08 Juni 2021, Dibaca : 283 x Editor : nugroho

Joko Kuncoro
DISUNTIK : Salah satu lansia di wilayah Kecamatan Kapas sedang disuntik vaksin Covid-19.


SuaraBanyuurip.com -  Joko Kuncoro

Bojonegoro - Vaksinasi keliling ke setiap desa dilakukan petugas Puskesmas Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Langkah ini cukup membantu bagi kalangan lansia. Sebab vaksinisasi Covid-19 ini tidak perlu antar-jemput dari puskesmas namun cukup di balai desa.

Kepala Puskesmas Kapas Nur Firdaus mengatakan, vaksinasi keliling ini disesuaikan dengan jadwal posyandu lansia di setiap desa. Namun, di Kecamatan Kapas dibagi dua wilayah vaksinasi yakni Puskesmas Kapas dan Puskesmas Tanjungharjo.

Baca Lainnya :

    "Kami keliling ke setiap desa dan jadwal disesuaikan dengan posyandu lansia. Untuk wilayah Puskesmas Kapas hanya 9 desa yang kami datangi sisanya Puskesmas Tanjungharjo," ungkapnya, Selasa (8/6/2021).

    Vaksinasi keliling ini cukup membantu kalangan lansia karena tidak perlu antar-jemput dari puskesmas akan tetapi cukup datang ke balai desa saja. Namun, sebaliknya jika vaksinisasi di puskesmas akan mempersulit karena akses dan lahan parkir tidak ada.

    Baca Lainnya :

      "Untuk mengantar lansia ke balai desa juga menjadi kendala," ungkapnya.

      Target vaksinasi keliling di wilayah Puskesmas Kapas ini sebanyak 3.379 kalangan lansia akan disuntik vaksin Covid-19. Meliputi 9 desa di antaranya Desa Bakalan, Kedaton, Klampok, Plesungan, Sukowati, Bogo, Kapas, Mojodeso, dan Semenpinggir.

      Sedangkan, untuk desa yang telah menjalani vaksinasi keliling sudah ada tiga desa. Di antaranya Desa Suko, Kedaton, dan Plesungan karena vaksinasi  sudah dimulai sejak seminggu lalu.

      "Harapanya dengan vaksinasi keliling dapat membantu pemerintah dan menyukseskan vaksinasi nasional. Terutama untuk kelompok lansia berusia 58 tahun ke atas," katanya.

      Sementara itu Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bojonegoro, Masirin menambahkan, vaksinasi keliling ini salah satu program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Akan tetapi, dilakukan di masing-masing fasilitas kesehatan di setiap kecamatan.

      "Dan mulai vaksinasinya tergantung masing-masing fasilitas kesehatan," ungkapnya.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more