Raih Penhargaan dari PMI, Vonie A.M Mahardika Donorkan Darah Selama 15 Tahun

Sabtu, 19 September 2020, Dibaca : 212 x Editor : nugroho

joko kuncoro
DAPAT PENGHARGAAN : Vonie A.M Mahardika dapat penghargaan dari Ketua Harian PMI Bojonegoro, Mardikun.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Sering mendengar alasan pentingnya melakukan donor darah, terutama manfaat penerima membuat Vonie A.M Mahardika tergerak untuk ikut donor. Ia rutin donor darah sejak 2005 lalu, atau 15 tahun lalu. Ia aktif donor hingga kini dan tercatat sudah 55 kali donor darah. Walhasil, ia mendapat penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro, Jawa Timur.

Dika, begitu ia disapa, bercerita pada 2005 lalu ia mengawali mendonorkan darah tepatnya usia 24 tahun. Ia mendonorkan darah untuk mensyukuri nikmat Tuhan karena telah diberikan kesehatan baik secara psikologis maupun kesehatan badan.

Baca Lainnya :

    ‘’Ya, mensyukuri nikmat dan membantu orang lain,’’ katanya, Jumat (18/9/2020).

    Dika mendapatkan banyak manfaat ketika menjadi pendonor darah. Seperti di antaranya, mengetahui kondisi kesehatan karena sebelum melakukan donor darah harus diperiksa terlebih dahulu.  Seperti pemeriksaan tekanan darah, kadar hemoglobin, dan diuji apakah darahnya mengandung bibit penyakit.

    Baca Lainnya :

      ‘’Dan semua pemeriksaan kesehatan tersebut, diberikan Palang Merah Indonesia (PMI) secara gratis,’’ kata Dika.

      Lelaki asal Desa/Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, itu melakukan donor darah artinya berbagi darah untuk nyawa yang membutuhkan. Karena hal itu, erat kaitannya dengan menolong antar sesama manusia.

      Hingga kini, Dika sudah mendonorkan darahnya sebanyak 55 kali. Terlebih dia mendapat piagam penghargaan dari PMI ketika acara tasyakuran PMI ke 75 Kamis lalu. Selain itu, dia mengaku mendonorkan darah bisa bermanfaat bagi kesehatan diri dan terutama bagi orang lain.

      ‘’Dulu saya melakukan donor darah tiga bulan sekali. Namun, kini setiap dua bulan sekali,’’ katanya kepada SuaraBanyuurip.com.

      Dia mengatakan, ketika masih diberikan nikmat kesehatan selama itu ia akan terus mendonorkan darah. Karena, bagi dia donor darah merupakan  menjaga kesehatan. Meskipun, donor darah tidak bisa dilakukan terlalu sering.

      ‘’Saya pun tidak takut ketika mendonorkan darah,’’ katanya. (jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more