Rekomendasi Kota Wisata Kuliner yang Ada di Indonesia

Jum'at, 17 Desember 2021, Dibaca : 311 x Editor : nugroho

dok. yumy.co.id
Gudeg, makanan khas Yogyakarta


Indonesia terkenal dengan destinasi kuliner yang sangat beragam. Tiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing. Kuliner khas Indonesia dapat ditemukan dimana-mana, disajikan dimulai dari tempat makan di pinggiran, hingga restoran ternama. Jika Anda mengunjungi sebuah daerah di Indonesia, jangan lewatkan kuliner khas dari daerah tersebut. Dijamin liburan Anda akan semakin lengkap jika sambil menikmati kuliner khas daerah tersebut.

Mengunjungi suatu daerah untuk berlibur selain untuk mendatangi tempat wisata yang populer di daerah tersebut, Anda juga diwajibkan untuk mencoba kuliner khas daerah tersebut. Jika Yogyakarta memiliki khas kulinernya yaitu Gudeg, Semarang juga memiliki khas kulinernya sendiri yaitu Lumpia. Setiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing. Sepertinya, Anda harus mencoba satu persatu kuliner khas Indonesia!

Untuk mempermudah rencana perjalanan Anda,  tiket Airasia di Traveloka menawarkan berbagai harga promo lewat Traveloka. Anda bisa dengan mudah membeli tiket pesawat mulai dari standar ekonomi hingga premium flatbed sesuai dengan selera perjalanan yang Anda inginkan.

Baca Lainnya :

    Berikut ini beberapa kota di Indonesia yang bisa Anda kunjungi karena memiliki wisata kuliner yang sangat beragam. Yuk simak selengkapnya!

    Yogyakarta

    Baca Lainnya :

      Yogyakarta berhasil membuat siapa pun yang pernah berkunjung, merasa jatuh cinta pada kota istimewa yang satu ini. Bagaimana tidak, selain suasana kota yang romantis, tempat wisata yang beragam juga bersejarah, wisata kulinernya khas melekat pada budaya Yogyakarta itu sendiri. Yogyakarta terkenal dengan Gudeg-nya, yaitu olahan nangka muda yang dimasak dengan santan. Selain Gudeg, ada juga sate klathak, angkringan yang seringkali ditemukan menjual nasi kucing dan sate-satean, mangut lele, bakmi jawa, juga cemilan-cemilan manis seperti bakpia, lupis, dan yang lainnya. Tempat makan di Yogyakarta juga sangat beragam, tetap memiliki khas Jawa, namun ada juga yang sudah modern. Dimulai dari tempat sederhana yang masih dimasak dengan kompor tungku, hingga restoran mewah.

      Palembang

      Ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini juga memiliki destinasi kuliner yang sangat beragam. Jika Anda mengunjungi Palembang, Anda bisa datang berkunjung ke sekitar Sungai Musi, salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Palembang terkenal dengan kuliner khasnya yaitu pempek, olahan daging ikan yang dicampur dengan tepung kanji. Pempek biasa dimakan bersamaan dengan kuah yang berwarna coklat terbuat dari campuran gula merah, perisa udang, dan cabai rawit yang disebut dengan cuko. Selain pempek, Anda bisa mencoba kuliner lain seperti tekwan, mie celor, es kacang merah, sambal tempoyak, dan yang lainnya. Selain bisa dicoba ditempat, Anda juga bisa menemukan beberapa kuliner khas yang bisa Anda bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

      Medan

      Anda pernah mencoba bika ambon? Ternyata, bika ambon ini asalnya dari Medan, lho. Sekilas mendengar mungkin Anda mengira ini adalah kue dari Ambon, ternyata dari Medan. Disebut Ambon karena pembuatan kue pertama kali ada di Jalan Ambon. Nah, bika ambon ini sendiri menjadi salah satu kuliner khas dari Medan yang wajib Anda coba. Selain bika ambon, banyak juga kuliner khas yang wajib dicoba ketika Anda berada di Medan. Seperti soto khas medan, mie balap, bubur medan, dan yang lainnya. Yang pasti, semuanya wajib Anda coba agar ketika berkunjung ke Medan tidak sia-sia!

      Bandung

      Bandung adalah salah satu daerah yang wajib dikunjungi karena kuliner khasnya yang sangat beragam. Selain itu, sekarang makanan khas Bandung juga sudah mudah ditemukan di kota-kota lain. Seperti batagor, seblak, cilok, cimol, semua jajanan yang sering ditemukan di pinggir jalan ini aslinya berasal dari Bandung. Beberapa makanan khas Bandung seringkali dibuat singkatan, salah satunya adalah cilok yang berasal dari kata aci dicolok. Aci adalah tepung tapioka. Cilok dibuat dari aci, dengan bentuk bulat-bulat lalu dicolok. Inilah yang disebut dengan cilok.

      Semarang

      Tak kalah dari kota-kota besar lainnya, Semarang juga menawarkan berbagai wisata kuliner khas daerah yang sangat beragam dan juga menarik. Salah satunya adalah Lumpia khas Semarang. Lumpia ini wajib Anda coba dan tidak boleh terlewatkan jika Anda sempat berkunjung ke Semarang. Ada dua jenis lumpia, ada yang basah dan yang goreng. Anda bisa pilih sesuai selera Anda atau juga bisa mencoba dua-duanya. Selain lumpia, masih banyak makanan khas Semarang seperti kue leker, wedang tahu, babat gongso, wingko babat, yang pasti Anda akan mudah menemukannya di sekitaran kota Semarang.

      Bali

       Bali adalah salah satu daerah di Indonesia yang sangat populer dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Kaya akan seni budaya, sejarah dan tempat wisatanya, Bali selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berlibur. Masalah kuliner khasnya, jangan ditanyakan lagi. Pasti sangat beragam. Salah satunya adalah ayam betutu. Ayam betutu ini dimasak dengan cara yang unik, yaitu ayam utuh yang dipanggang dengan cara dikubur di dalam sekam. Selain ayam betutu, ada juga sate lilit, babi guling, nasi jinggo, dan kuliner lainnya yang sangat beragam. Anda juga bisa menikmati seafood yang disajikan di meja di pantai Jimbaran, makan seafood sambil melihat pemandangan pantai dan semburat sunset yang sangat indah.

      Itu dia beberapa kota di Indonesia yang memiliki khas kuliner yang wajib Anda coba jika berkunjung kesana. Bagi Anda yang berniat berlibur ke luar kota untuk mencicipi kuliner-kuliner khas daerah di Indonesia, Anda bisa mengunjungi Traveloka Lifestyle Super App untuk mencari tiket pesawat dengan mudah dan juga rekomendasi dari Traveloka Eats untuk menemukan tempat makan terpopuler di daerah tersebut.(*)

       

       

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more