Ritual Pengambilan Api Abadi Awali Rangkaian Hari Jadi ke 344 Bojonegoro

Selasa, 19 Oktober 2021, Dibaca : 410 x Editor : samian

Arifin Jauhari
RITUAL : Pengambilan api abadi di Kayangan Api awali rangkaian Hari Jadi ke 344 Bojonegoro.


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Prosesi pengambilan api abadi di obyek wisata Kayangan Api menjadi awal rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 344, Selasa (19/10/2021). Kayangan api terletak di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, turut Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Kegiatan pengambilan api abadi tersebut dilaksanakan secara ritual dalam upacara adat dipimpin oleh oleh Camat Ngasem, Waji. Sedangkan pengambilan api dilakukan oleh Juru Kunci Kayangan Api, Sufyanto.

Baca Lainnya :

    Sebelumnya, pengambilan api diawali dengan arak-arakan berbagai tumpeng dari gerbang Desa Sendangharjo. Dilanjutkan penyerahan sesaji kepada Juru Kunci, diteruskan mengelilingi kayangan api diiringi para penari waranggono yang diakhiri tabur bunga.

    Camat Ngasem, Waji mengatakan, bahwa prosesi pengambilan api abadi dalam rangka HJB ke 344 masih sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, pada tahun 2021 ini jumlah peserta prosesi dibatasi karena masih pandemi, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

    Baca Lainnya :

      "Pengambilan api abadi ini adalah simbol bagi masyarakat Bojonegoro untuk terus semangat bekerja dan berkarya menuju Bojonegoro yang lebih baik," katanya.

      Setelah pengambilan, lanjut Waji, api selanjutnya dikirab menuju ke kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil). Untuk kemudian dilanjutkan ke Pendapa Malawapati Bojonegoro.

      "Penyerahan api kepada Ketua DPRD Bojonegoro, Pak Imam Sholikin, nantinya sebagai puncak rangkaian kegiatan Hari Jadi Bojonegoro ke 344," pungkasnya.(fin)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more