SBI Berdayakan 5 Desa Memproduk Hazmat

Kamis, 23 April 2020, Dibaca : 638 x Editor : teguh

SuaraBanyuurip.com/ist
Perwakilan PT SBI Trajudi Darma diterima Sekda Tuban Dr Budi Wiyana saat penyerahan bantuan di Posko Gugus Tugas.


SuaraBanyuurip.com - Teguh Budi Utomo

Tuban - Situasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mulai berdampak  pada ekonomi warga di wilayah Kabupaten Tuban, Jatim dimanfaatkan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) untuk berkreasi dalam program pemberdayaan masyarakat.  

Pabrik semen PT Holcim Indonesia, kini SBI setelah diakuisisi PT Semen Indonesia, memberdayakan warga sekitar untuk memproduk Alat Pelindung Diri (APD) baju hazmat dari virus Corona. Mereka berasal dari desa sekitar operasi SBI, yakni Desa Merkawang,  Karangasem, Mliwang, Kedungrejo, dan Desa Sawir.

Baca Lainnya :

    Proses pembuatan APD tersebut, mengikuti petunjuk teknis dari Dinas Kesehatan, dan didampingi oleh tim dari pabrik semen bersentra di Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. Tujuannya, agar kualitas produk lokal tersebut sesuai standar kesehatan yang disyaratkan. 

    Hasil produk lokal tersebut, sebanyak 1.000 unit APD berupa pakaian Hazmat tersebut diserahkan oleh PT SBI kepada  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban, Kamis (23/4/2020). 

    Baca Lainnya :

      Dilibatkannya warga desa sekitar dalam pembuatan APD, menurut Trayudi Darma dari PT SBI, sebagai wujud kepedulian perusahaan kepada warga sekitar yang terdampak Covid-19. Sedangkan penyerahan bantuan sebagai bentuk partisipasi, dan dukungan PT SBI terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Tuban.

      "Harapannya dapat menambah pendapatan dan menggerakkan roda ekonomi warga," jelas Trayudi Darma di Posko Gugus Tugas Covid-19 Tuban, di Jalan Veteran, Tuban. 

      PT SBI telah berkoordinasi dengan Gugus Tugas untuk penyaluran bantuan sembako. Selain itu akan menyalurkan 3.000 paket sembako untuk desa sekitar.  

      Bantuan dari PT SBI tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Tuban Dr Budi Wiyana. Sedangkan isinya berupa 1.000 pakaian hazmat, 10 box masker medis, 30 liter antiseptik hand soap, dan 30 liter hand sanitizer.

      Budi Wiyana yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban menyampaikan,  terimakasih atas bantuan APD yang diberikan PT SBI. Bantuan itu akan segera didistribusikan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Tuban.

      "Ketersediaan APD yang cukup akan semakin memberikan ketenangan kepada tenaga medis yang bertugas," ungkap Budi Wiyana yang kala itu didampingi Komandan Posko Gugus Tugas, Joko Sarwono. 

      Sekda Budi memberi apresiasi kepada PT SBI yang melibatkan warga desa sekitar, untuk produksi pakaian hazmat. Apalagi desain dan produk mendapat pengawasan dari Dinas Kesehatan Tuban.

      Pelibatan warga sekitar, lanjut Sekda Budi Wiyana, akan dapat membantu menggerakkan ekonomi warga yang berkurang akibat pandemi Covid-19. Melalui cara itu warga desa tetap mendapatkan penghasilan. (tbu)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more